Lanal Akan Bangun Dermaga KRI di Sangihe

Tahuna,Suarasulutnews.co.id-Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tahuna berencana akan membangun dermaga khusus kapal perang atau KRI di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Informasi dari Danlanal Tahuna, Kolonel Laut (P) Jul Shanyb kepada sejumlah wartawan, Senin (02/05) kemarin, panjang dermaga mencapai kurang lebih 200 meter, khusus untuk kapal patroli dan KRI berukuran sedang, dan untuk KRI yang berukuran besar masih tetap akan menggunakan dermaga pelabuhan Tahuna.

Disentil menyangkut lokasi dermaga, sejauh ini menurut Danlanal masih belum ditemukan lokasi yang tepat, namun untuk sementara kawasan pesisir pantai Kelurahan Sawang Bendar Tahuna menjadi target sambil berharap pemkab setempat akan menyetujui lokasi dimaksud.

”Untuk lokasi yang strategis kami masih mencari-cari, dan  kami lihat di kawasan pantai Sawang Bendar, tepatnya didekat dermaga apung cukup baik, tapi sebelumnya kami akan berkoordinasi dengan pemkab setempat untuk mendapatkan ijin,”kata Danlanal.

Selain dermaga, Lanal juga akan membangun kantor Pos Angkatan Laut (Posal) di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) yang juga masuk dalam wilayah hukum Lanal Tahuna. Sejauh ini Posal yang berada di Sitaro, yakni di pulau Tagulandang dan Siau, masih berstatus sewa, hingga akan lebih efektif kalau Lanal sudah memiliki Posal sendiri.

Terkait Posal di pulau Siau menurut Danlanl sudah mendapat respon positif Bupati Toni Supit, bahkan Pemkab Sitaro telah menyediakan lokasi seluas kurang lebih 900 meter.

”Untuk lokasi Posal di Siau sudah ada respon dari pak Bupati, dan  pemkab telah menyiapkan lahan seluas kurang lebih 900 meter. Terkait pembangunan Posal dan demaga KRI, akan dikoordinasikan dengan pusat setelah persiapannya tuntas,”pungkas Danlanal.(feleh)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.