Maksimalkan Pelayanan, Pasandaran Usulkan Pengadaan Ambulance

Kepala Dinas Kesehatan Sangihe, Dr. Handry Pasandaran ME

Kepala Dinas Kesehatan Sangihe, Dr. Handry Pasandaran ME

Tahuna,Suarasulutnews.co.id-Dinas Kesehatan Kabupaten (Dinkes) Sangihe terus melakukan perbaikan pelayanan guna mencapai pelayanan prima terhadap masyarakat. Langkah tersebut dilakukan untuk menangani kendala teknis seperti minimnya sarana pelayanan mobil ambulans di sejumlah puskesmas, termasuk untuk menjawab banyaknya keluhan masyarakat yang belum sepenuhnya terlayani dengan baik.

Demikian ditegaskan Kepala Dinas Kesehatan Sangihe, Dr Handri Pasandaran ME. Dikatakan, pihak Dinkes mencoba mengusulkan bantuan 10 unit mobil ambulans ke Kementrian Kesehatan RI, selain memperbaiki mobil ambulance di 17 puskesmas yang saat ini mengalami kerusakkan.

Pihaknya sengaja memanfaatkan bantuan pusat dikarenakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tak akan cukup menanggulangi kebutuhan 10 unit ambulance.

“Selain kita memperbaiki mobil- mobil ambulans yang sudah rusak yang ada di Puskesmas, kita juga mengusulkan ke Kementrian Kesehatan RI bantuan 10 mobil ambulans. Karena kalau kita mengharapkan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kepulauan Sangihe tidak akan mencukupi untuk membeli mobil ambulans,”kata Pasandaran.

Dikatakan pula, pengusulan ambulans juga terkait dengan masih ada puskemas yang hingga saat ini masih belum memiliki ambulans, seperti Puskesmas Kalasuge Kecamatan Tabukan Utara.

“Puskesmas Kalasuge tidak memiliki mobil Puskesmas, jadi untuk merujuk pasien ke RSUD Liun Kendage Tahuna, mereka menggunakan mobil penumpang,”ujar Pasandaran yang juga mengaku optimis pusat akan mengakomodir usulan pengadaan ambulans tersebut.(feleh)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.