Pusat Siapkan Rp 72 M Kembangkan Bandara Naha

Bandara Naha Kabupaten SangiheTahuna,Suarasulutnews.co.id-Pusat sepertinya telah mengakomodir upaya Pemkab Sangihe dalam membangun dan mengembangkan fasilitas Bandara Naha Kecamatan Tabukan Utara. Buktinya, anggaran Rp 72 miliyar untuk rencana kegiatan fisik ditahun 2017 sudah disiapkan pusat demi pengembangan bandara di kawasan yang berbatasan dengan negara tetangga Philipina tersebut.

Hal ini dibenarkan Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan (Bapeda) Sangihe, Handry Lumiu kepada sejumlah wartawan belum lama ini. Bahkan mengantisipasi berbagai kendala yang terkait dengan kesiapan pusat, Pemkab Sangihe kata Lumiu harus menyiapkan lahan terkait pembangunan beberapa fasilitas dilokasi bandara.

”Pemkab harus menyiapkan lahan untuk menjamin kelancaran pengembangan Bandara Naha,”ungkap Lumiu.

Menurutnya, ada 4 item kegiatan yang siap direalisasikan terkait pengembangan Bandara Naha, yakni perpanjangan run way atau landasan pacu, perluasan gedung terminal penumpang, pembangunan menara pengawas serta fasilitas penerangan dan marka lalulintas.

”Jadi anggaran Rp 72 miiyar itu sudah siap dikucurkan tahun 2017 dengan 4 item kegiatan yang terkait penkembangan Bandara Naha,”ujarnya yang juga menambahkan, lancarnya upaya pemkab juga tak lepas dari proaktifnya Bupati Drs. H.R. Makagansa MSi membangun koordinasi dengan sejumlah kementerian.(feleh)

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.