Setiap kampung Rp 350 Juta,Pemkab Sangihe Sosialisasikan Pamsimas

Para peserta pamsimas di Kabupaten Sangihe

Para Peserta Pamsimas di Kabupaten Sangihe

Tahuna,Suarasulutnews.co.id-Pemkab Sangihe melalui Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) menggelar sosialisasi Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas). Kegiatan yang dilangsungkan di ruang Serbaguna Kantor Bupati Sangihe, Jumat (20/05), menghadirkan nara sumber Edi Purianti dari Kementerian Pekerjaan Umum (PU).

Kepala Bapeda, Josephus Kakondi BAE dalam arahannya menegaskan, kegiatan Pamsimas akan terealisasi tahun 2017 dan kegiatan sosialisasi merupakan langkah awal dalam mempersiapkan segala sesuatu yang terkait teknis kegiatan Pamsimas.

Menurutnya, Bapeda hanya bertindak selaku fasilitator, selebihnya akan ditentukan dari kepedulian instansi teknis dan masing-masing lembaga yang yang terkait langsung dengan Pamsimas. Ia juga berharap instansi teknis, seperti Dinas Pemukiman Perumahan, Dinas Kesehatan serta pihak Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) harus mampu berkoordinasi dengan suskesnya kegiatan dilapangan.

Yang menarik, untuk realisasi lapangan langsung menyentuh pihak kampung/kelurahan, dimana setiap kampung/kelurahan sasaran akan memperoleh Rp 350 juta. Lewat Pamsimas kata Kakondo, secara tidak langsung juga telah membantu pihak kampung sekaligus penghematan anggaran dana densa (Dandes) khusus untuk membangun sarana air bersih.

”Pamsimas sangat menguntungkan bagi kampung yang telah merencanakan membangun fasilitas air bersih, karena dengan begitu kampung bersangkutan tak perlu lagi menggunakan dana desa, karena sudah ada Pamsimas, dan dana desa yang tadinya untuk air bersih, dapatdigunakan untuk kegiatan lainnya,”ungkap Kakondo yang juga menambahkan, program Pamismas merupakan pernyataan minta Bupati yang disampaikan langsung ke pemerintah pusat.

Usai Sosialisasi, langsung dilakukan dialog seputar kendala maupun persiapan Pamsimas oleh nara sumber dan pihak Bapdeda dengan para peserta yang teridiri dari Camat,Lurah/Kapitalaung, instasni teknis.(feleh)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.