Tingkatkan Pelayanan Publik, Pemkot Bitung Datangkan Tim Kemenpan-RB

Wakil Walikota Bitung, Ir Maurits Mantiri

Wakil Walikota Bitung, Ir Maurits Mantiri

Bitung,Suarasulutnews.co.id–Upaya semakin meningkatkan pelayanan publik di kota Bitung, Pemerintah Kota Bitung bekerjasama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Kamis (19/5) menggelar Sosialisasi Inovasi Pelayanan Publik bertempat di ruang sidang Lantai IV Kantor Walikota Bitung.

Sosialisasi inovasi pelayanan publik ini dibuka oleh Wakil Walikota Bitung, Ir Maurits Mantiri dihadiri narasumber Tim Kemenpan-RB DR Muhammad Imanudin selaku Asisten Deputi (Asdep)  Perumusan Kebijakan Inovasi dan Sistem Informasi Pelayanan Publik dan Kepala Bidang Ir Sri Hartini dengan moderator Kabag Oraganisasi Setda Kota Bitung, Ir Robert Lumempouw.

Wakil Walikota Irn Maurits Mantiri mengatakan, salah 1 point dalam 9 Program Nawacita Presiden RI tepatnya Point 2 yakni tentang membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, ffektif, demokrasi dan terpercaya, maka Pemerintah di Kota Bitung pada era ini mengacu pada 3 nilai, yaitu integritas, kerja keras dan gotong royong yang bertujuan untuk menciptakan pelayanan publik yang lebih baik.

“Dalam memberikan pelayanan publik, kita harus memahami tentang kesetaraan antara hak dan kewajiban. Sebagai Pemerintah, kita harus mampu merubah mindset perilaku birokrasi dari budaya penguasa menjadi budaya pelayanan agar pemerintah mampu menjangkau kebutuhan masyarakat dan hadir di antara masyarakat,” ujar Mantiri.

Wakil Walikota juga menjelaskan, mempermudah warga untuk mendapatkan pelayanan, bukan berarti melalaikan aturan yang ada, akan tetapi harus mampu menerapkan aturan yang lebih mudah dipahami untuk dapat diwujudkan secara lebih baik sesuai dengan Standar Pelayanan (SP) dan Standar Oprasional Prosedur (SOP).

“Pentingnya inovasi dalam pelayanan publik sangat disadari oleh Pemerintah Kota Bitung sehingga Reformasi Birokrasi dan Tata Kelola Pemerintahan yang baik menjadi salah satu program prioritas di Tahun 2016 ini,” tandas Mantiri lagi.

Mantiri juga meminta agar setiap SKPD harus melakukan inovasi pelayanan publik, selain untuk melayani masyarakat juga dapat meraih prestasi dalam lomba inovasi pelayanan publik, sehingga semua potensi inovasi garus digali.

Wakil Walikota juga menginformasikan kepada DR Muhammad Imanudin dan Ir Sri Hartini, bahwa saat ini Pemerintah Kota Bitung sedang menggiatkan Melayani Masyarakat dengan Hati (MAMA DI HATI). “Hal ini bukan hanya jargon, ini akan menjadi Goal dari semua perwujudan program pembangunan yang menjadikan masyarakat sebagai tujuan dari pembangunan itu sendiri,” ujar Mantiri.

DR Muhammad Imanudin mengatakan, Inovasi pelayanan publik ini juga akan dilombaka di tingkat nasional dan internasional dan berharap Indonesia akan melahirkan juara dunia inovasi pelayanan publik. “Pemerintah pusat menginginkan di tahun 2025 status Indonesia Berjuang telah berubah menjadi Indonesia Juara,”ujarnya. Acara Sosialisasi ini dihadiri oleh seluruh SKPD, Kecamatan dan perwakilan masyarakat di Kota Bitung.(dianne)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.