Launching Pesona Manado Berlangsung Meriah

Menpar Arief Yahya : Manado Akan Jadi KEK Pariwisata

launchingManado-Pelaksanaan launching agenda pariwisata Manado bertajuk Calender of Ivent Pesona Wisata Manado 2017 atau lebih trend disebut Marijo Ka Manado dilaksanakan di gedung Sapta Pesona Kantor Kementerian Pariwisata, Jalan Medan Merdeka Barat Jakarta Pusat, Senin (21/11) malam tadi.

Acara yang berlangsung meriah dipandu kolaborasi artis nasional berdarah Manado dan pelawak senior Manado Tessa Kaunang dan om Kale Polosayang atau Yusuf Gamalili dilakukan Menteri Pariwisata DR Arief Yahya dan dihadiri anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) Rusdy Kirana, Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey SE, Penjabat Gubernur DKI yang juga mantan Plt Gubernur Sulut DR Soni Sumarsono MDM, sejumlah Duta Besar (Dubes) negara sahabat di Jakarta.

Menteri Pariwisata DR Arief Yahya mengatakan potensi pariwisata di Sulawesi Utara termasuk Kota Manado sangat baik. Apalagi, didukung oleh Gubernur dan Walikota yang konsen terhadap pengembangan pariwisata.

“Kita di kementerian sangat terbantu dengan adanya iven-iven pariwisata yang digelar di daerah-daerah. Khusus untuk Sulawesi Utara saya berikan apresiasi karena Bapak Gubernur Sulawesi Utara dan Bapak Walikota Manado punya komitmen yang tinggi untuk mengembangkan pariwisata dan sejalan dengan kebijakan pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla,” kata Menteri Arief, seraya menegaskan jika Manado akan dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Meski demikian, Menteri Pariwisata juga memberikan masukan agar fasilitas penunjang pariwisata di Manado harus dibenahi dan dilengkapi, agar wisatawan tidak mengalami kesulitan saat berada di Manado.

“Fasilitas pariwisata seperti dermaga harus dibenahi agar wisatawan menggunakan jasa crus bisa singgah, minimal harus ada pelabuhan jeti,” tukas Menteri Arief.

Sementara itu, Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, dalam sambutannya menyatakan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata yang mendukung penuh kegiatan promosi pariwisata di Sulut.

“Terima kasih saya atas nama Gubernur kepada Pak Menteri Pariwisata yang memfasilitasi acara-acara launching pariwisata di Sulawesi Utara. Setelah Bitung dan baru-baru ini Minahasa, sekarang Kota Manado dengan pesona Manado 2017 yang dilaunching malam ini,” tukas Gubernur Olly.

Gubernur juga memberikan apresiasi luar biasa kepada Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE, yang terus bersinergi dengan Pmerintah Provinsi Sulut khususnya mendukung agenda wisata Sulut untuk mendatangkan satu juta wisatawan pada tahun 2017.

“Saya tahu Walikota Manado Pak Vicky Lumentut sangat intens mendukung kebijakan pemerintah terutama rencana kita mendatangkan satu juta wisatawan ke Sulut pada tahun 2017,” ujar Gubernur.

Olehnya, selaku Gubernur dirinya akan membantu Kota Manado dalam penyediaan fasilitas pariwisata.

“Saya akan membantu Pemerintah Kota Manado dalam menyediakan fasilitas pariwisata seperti yang diisyaratkan Pak Menteri Pariwisata,” tukas Gubernur Olly.

Walikota GSVL sendiri mengatakan perhatian besar yang ditunjukan Kementerian Pariwisata untuk menunjang pariwisata Sulut khususnya Manado, mendorong semangat Pemkot Manado untuk menggelar iven Pesona Manado tahun 2017 mendatang.

“Dimana setiap hari, setiap minggu dan setiap bulan ada kegiatan- kegiatan pariwisata, yang tujuannya untuk menarik minat wisatawan datang ke Manado. Mari Jo Ka Manado,” tandas Walikota GSVL.

Menurutnya, dorongan semangat Pemkot Manado menggelar Pesona Manado 2017, tidak lepas dari mantan Penjabat Gubernur Sulut DR Soni Sumarsono MDM.

“Setiap bulan mulai Januari sampai Desember ada iven-iven kegatan pariwisata yang kita gelar, puncak dari kegiatan-kegiatan itu ada di bulan September. Dimana, mulai hari Senin sampai Sabtu kita menggelar festival dan puncaknya hari Minggu ada kegiatan yang kami beri nama Thanksgiving Manado,” tukas Walikota GSVL, seraya menyebutkan tujuh festival dalam Manado Fantastic Festival yang nantinya dilaksanakan yakni Festival Food, Festival Fashion, Festival Flying, Festival Fair, Festival Fish and Coral, Festival Faith, Festival Fun Music.

Suasana launching dengan kehebohan khas Manado dengan hadirnya 20 komunitas warga kawanua se-Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi) itu, diwarnai dengan lomba yel-yel ‘Mari Jo ka Manado’.

Kemudian, hadir pula Putri Pariwisata 2016 asal Sulut Lois Merry Tangel serta dimeriahkan dengan penampilan dua penyanyi ibukota asal Manado Once Mekel mantan vokalis Dewa 19 dan Ermy Kullit musisi jazz legendaris. Tampak isteri Walikota Manado yang juga Rektor Universitas Negeri Manado (Unima) sekaligus Ketua TP-PKK Kota Manado Prof DR Julyeta PA Lumentut Runtuwene MS DEA dan isteri Wakil Walikota yang juga Wakil Ketua TP-PKK Manado Imelda Bastian Markus.(js)

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.