Bupati Depri Pontoh Buka Kegiatan Rembug Tani 2015

 Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. DEPRI PONTOH

Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. DEPRI PONTOH

BOROKO,Suarasulutnews.co.id– Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. DEPRI PONTOH secara resmi membuka Kegiatan Rembug Tani Tingkat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Tahun 2015 yang bertempat di RM. Aroma Padang Desa Kuala Kecamatan Kaidipang.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa pembangunan sektor pertanian menjadi bagian dari pembangunan ekonomi karena cukup potensial dalam upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah serta kesejahteraan rakyat.

Pada prinsipnaya, pembangunan pertanian merupakan suatu proses yang ditujukan untuk menambah produksi pertanian yang berkualitas dan berdaya saing. Untuk mencapai hal tersebut, disamping dukungan agroekosistem juga ditentukan fasilitas yang memadai serta kemampuan petani sebagai pelaku utama pembangunan pertanian.

Seiring dengan usaha-usaha yang telah ditempuh, muncul permasalahan yang menghambat perkembangan pertanian di daerah, mulai dari kerusakan alam, produktifitas lahan menurun sampai minimnya pendidikan bagi pelaku pembangunan pertanian. Sehubungan dengan itu, kegiatan Rembug Tani ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan dengan metode pemberdayaan masyarakat tani dengan tujuan untuk menggali dan menginventarisir permaslahan-permasalahan yang dihadapi kelompok tani serta pemberian solusi dan pemecahan masalah.

Bupati mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud melakukan singkronisasi program Pemerintah di sektor pertanian. Untuk itu, diharapkan ada koordinasi dan sinergitas diantara pemangku kepentingan, terutama dukungan Pemerintah serta Penyuluh Pertanian dalam memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan pengenalan inovasi baru di bidang pertanian.

Informasi yang disampaikan dapat dipahami dan mampu diterapkan oleh petani sehingga menjadi instrument terciptanya Sumber Daya Manusia pelaku pembangunan pertanian yang kompoten, mampu memecahkan permasalahan serta mengembangkan potensi sumber daya alam yang tersedia demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pendapatan masyarakat tani.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara ini dihadiri oleh Perwira Penghubung Kodim 1303 Bolmong Mayor DICKY R. WENAS, Kepala Dinas Pertanian Peternakan Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Ir. DJAKARIA BABAY, S. Sos, S.Mn, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Ir. SAEROJI, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Penanaman Modal Kabupaten Bolaang Mongondow Utara UTENG DATUNGSOLANG, S.Pd, Kepala BP4K Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Ir. FATMA HUMOKOR, Koordinator BP3K Kecamatan, Penyuluh Pertanian dan Ketua Kelompok Tani se-Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.(andi)

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.