Walikota Vicky Irup HUT ke-36 Satuan Pengamanan di Halaman Mapolresta Manado

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-36 Satuan Pengamanan (Satpam) tingkat Kota Manado, di halaman Markas Kepolisian Resor Kota (Mapolresta) Manado, Walikota Vicki Jadi Irup

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-36 Satuan Pengamanan (Satpam) tingkat Kota Manado, di halaman Markas Kepolisian Resor Kota (Mapolresta) Manado, Walikota Vicki Jadi Irup

Manado-Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA menjadi inspektur upacara (Irup) dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-36 Satuan Pengamanan (Satpam) tingkat Kota Manado, di halaman Markas Kepolisian Resor Kota (Mapolresta) Manado, Jumat (30/12).

Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Drs Tito Karnavian MA PhD dalam amanatnya yang dibacakan Walikota GSVL mengatakan peringatan HUT Satpam dilaksanakan serentak di seluruh Polres di Indonesia dengan maksud agar diketahui gelaran potensi Satpam Swakarsa di wilayahnya masing-masing sebagai mitra keseharian dalam mengemban fungsi kepolisian di lapangan.

“Hal ini merupakan wujud nyata dari apa yang menjadi dasar hukumnya yaitu amanat dalam Undang-Undang nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia serta aturan pelaksanaannya yaitu Peraturan Pemerintah nomor 43 tahun 2012,”ujar Kapolri seperti dikutip Walikota GSVL.

Lanjut dikatakan, Polri telah menerbitkan panduan induk kepada masyarakat dalam mengelola pengamanan swakarsa secara profesional pada sebuah organisasi, perusahaan atau instansi lembaga pemerintah yang tertuang dalam Peraturan Kapolri nomor 24 Tahun 2007.

“Panduan ini memberikan tuntunan untuk menerapkan satu tata kelola pengamanan swakarsa secara holistk terhadap proses bisnis satu organisasi. Penerapan inii tidak harus eksklusif, namun melengkapi tatanan industrial security yang telah berjalan, guna lebih meningkatkan kemampuan organisasi secara swakarsa dan profesional dalam menanggulangi ancaman dan gangguan keamanan terhadap proses bisnisnya,”tukas Kapolri.

Ditegaskan Karnavian, anggota Satpam dalam panduan tersebut adalah mereka yang secara fungsional dan struktural memiliki peran dalam tata kelola pengamanan terhadap proses bisnis organisasi.

“Anggota Satpam memiliki posisi strategis sebagai yang terdepan dalam rangka upaya menciiptakan jaminan perlindungan terhadap dunia usaha di negara kita, oleh karenanya penyiapan kemampuan profesional anggota Satpam hendaknya mendapatkan atensi dan prioritas oleh seluruh pemangku kepentingan bersama Polri,” tandas Kapolri, seraya mengingatkan jangan sampai posisi atau jabatan security pada industri strategis dan obyek vital nasional diduduki oleh orang asing.

Dilain sisi, Walikota GSVL berharap Satpam bisa membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Manado dalam memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dengan ikut menjaga keamanan dan ketertiban.

“Satpam juga saya harapkan bisa memberikan andil dalam membantu pemerintah dalam menciptakan suasana yang aman dan nyaman di Kota Manado. Atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Manado saya menyampaikan selamat HUT ke-39 Satuan Pengamanan,” ujar Walikota pilihan rakyat Manado itu.

Upacara yang berlangsung ditengah cuaca cerah tersebut, dihadiri Kapolresta Manado AKBP Drs Hisar Siallagan SIK dan jajaran Polresta Manado, diikuti peserta Satpam perusahaan, aparat kepolisian, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), serta aparat Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Dinas Perhubungan (Dishub) Manado.(js)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.