Dukung Ketahanan Pangan Lokal, Pemerintah Kecamatan Tahuna Manfaatkan Lahan Tidur

Sangihe – Pemerintah Kecamatan Tahuna mendukung program Pemerintah daerah Kepulauan Sangihe untuk meningkatkan ketahanan pangan lokal, dukungan ini secara nyata dilakukan, melalui pemanfaatan lahan tidur di lahan kosong rumah dinas Camat Tahuna.

Camat Tahuna bersama jajarannya pun turun langsung untuk menggarap lahan yang nantinya akan ditanami berbagai jenis tanaman pangan lokal.

“Ini tentunya sejalan dengan program pemerintah daerah dalam meningkatkan pangan lokal yang selama ini juga dilakukan pimpinan daerah,” ujar Camat Ronny Pasiale S.Sos, kepada Wartawan.

Dirinya mengatakan, ini dilakukan sebagai contoh bagi masyarakat, khususnya di kecamatan Tahuna agar dapat memanfaatkan lahan kosong dirumah masing-masing.

“Agar tidak mengganggu aktivitas pekerjaan, maka kami memanfaatkan waktu libur untuk bekerja, nantinya akan ditanami beberapa jenis sayuran serta rempah-rempah,” ucap Pasiale.

Dikatakan Pasiale lahan kosong jika digarap dan ditanamai tanaman pangan dengan baik tentunya akan membantu pemenuhan kebutuhan pangan walaupun hanya dalam jumlah yang kecil.

“Lahan kosong tidak akan mendatangkan manfaat, apabila tidak dikelolah dengan maksimal dan dibiarkan begitu saja,” ungkap dia.

Lanjut dijelaskanya, nantinya setelah disiapkan lahan tersebut akan ditanami berbagai jenis tanaman pangan.

“Nanti setelah lahan siap maka ibu-ibu PKK Kecamatan Tahuna beserta pegawai dan staf akan menanam sayuran seperti Sawi, kacang panjang, serta singkong. Kita berharap juga gerakan ini akan diikuti oleh warga Tahuna yang memiliki lahan kosong yang belum dimanfaatkan,” pungkasnya. (Andika)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.