Kunjungi Sangihe Konjen Sebut Sangihe dan Philipina Sebangsa

Konsul Jendral (Konjen) Philipina Oscar Orcine, berkunjung ke Kabupaten Sangihe

Konsul Jendral (Konjen) Philipina Oscar Orcine, berkunjung ke Kabupaten Sangihe

TAHUNA,Suarasulutnews.co.ide-Konsul Jendral (Konjen) Philipina Oscar Orcine, Jumat (16/10) berkunjung ke Kabupaten Sangihe, terkait rencana kerja sama serta penjajakannya selaku konjen yang baru.

Sebelum mengutarakan maksud kedatangannya saat jumpa pers dengan sejumlah wartawan di Rumah Jabatan Bupati Sangihe, Konjen mengaku ia sangat senang dan gembira dapat berkunjung ke Sangihe, dengan alasajn warga Sangihe sebetulnya satu bangsa dengan warga Philipina sebelum negara Spanyol menjajah negara tetangga tersebut.

”Saya sangat senang berkunjung ke Sangihe,karena kita sebetulnya satu bangsa sebelum negara Spanyol masuk ke Philipina,”ungkap Konjen melalui penerjemahnya Ester Tambayong.

Sementara terkait kehadirannya selaku Konjen baru yang perlu melihat langsung keberadaan wilayah kerjanya, ada beberapa kerja sama yang hendak dikonkritkan dengan Pemerintah RI, termasuk Pemkab Sangihe, yakni soal pengoperasian kapal  Roro yang akan melayari rute Manado-Tahuna-General Santos. Untuk launching kapal Roro tersebut kata Konjen, paling lambat bulan desember tahun ini, karena tinggal menunggu diterbitkannya ijin dari Pemerintah RI.

Dikatakan pula, kapal Roro itu tak hanya mengangkut produk perikanan, tapi turut memuat hasil bumi seperti pala, cengkih serta jagung, termasuk produk pakaian maupun barang elektronik yang dibacking pengusaha asal Australia selain pengusaha Indonsia dan Philipina sendiri.

”Paling lama desembe kapal Roro sudah beroperasi, ini juga sejalan dengan kegitan masarakat
ekonomi asean,”kata Konjen.

Lanjut dikatakan, kehadirannya juga sebagai tindak lanjut untuk mengkonkritkan rencana koneksivitas udara, yakni pembukaan maskapai penerbangan Davao-Manado serta pendekatan ke Pemkab Sangihe untuk kembali mengimplementasikan kerjasama dagang maupun budaya yang pernah terjalin antara kota Tahuna dengan beberapa kota di Philipina Selatan, seperti Sarangani, Glan serta Jose Abasantos.

”Saya juga sudah bicara dengan Bupati Makagansa untuk kembali menjalin kerja sama kota Tahuna dan beberapa kota di Philipina Selatan,”tutup Konjen.(fb)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.