Lewat Dana APBD Pemkot Tomohon Siapkan Jaringan Air Bersih

TOMIHON – Pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Daerah Kota Tomohon siapkan jaringan Air bersih yang dilaksanakan di Kelurahan Kinilow dan Kinilow Satu, Jumat (11/9/20).

Ini dalam upaya memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat, maka pemerintah Kota Tomohon melalui gagasan dan dorongan Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE, AK, CA., berupaya keras untuk mewujudkan 100 % akses  air minum aman agar dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat.

Dalam sambutan Walikota mengatakan air merupakan sumber hidup manusia, untuk itu pemerintah berupaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan air.

” Tanah kita kaya akan air, tinggal bagaimana dikelola dengan teknik dan alat serta ahli pada bidangnya”, ucap Walikota.

Ditambahnya melalui Dinas Perkim bekeja sama dengan PDAM telah membangun jaringan air bersih di Kelurahan Kinilow dan Kinilow Satu.

Untuk itu pemerintah menyusun program penanganan air bersih ini dan  telah memiliki target sesuai dengan  RPJMD Kota Tomohon Tahun 2016 – 2021 dan Sustainable Development Goal (SDGs) tahun 2030. Disamping itu maksud dan tujuan pembangunan jaringan air bersih ini untuk melaksanakan program 100-0-100.

Diketahui pembiayaan jaringan air bersih ini dilaksanakan bersumber dar danai APBD Kota Tomohon tahun 2020 yang dialokasikan melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Daerah Kota Tomohon, dari program Lingkungan Sehat Perumahan dengan kegiatan penanganan Kawasan Kumuh dengan pagu anggaran Rp. 150 Juta,

Dan pelaksanaan Pembangunan Jaringan air bersih ditargetkan akan selesai pada bulan Agustus 2020, dan akan melengkapi jaringan yang sudah terbangun serta meningkatkan kapasitas debit air yang ada, sehingga meningkatkan jangkauan pelayanan kepada masyarakat.

Diketahui program ini merupakan sebuah program menuju pemenuhan target tiga sektor antara yakni, Pemenuhan 100% akses layak air minum, mengurangan kawasan kumuh menjadi 0% dan Pemenuhan 100% akses sanitasi layak.

Dikesempatan itu Kepala Dinas Perkim mengatakan pembangunan air bersih di Kelurahan Kinilow  dan Kinilow Satu merupakan upaya membantu PDAM untuk mengatasi kekurangan distribusi bagi sebagian masyarakat 6ang terjangkau dengan jaringan PDAM.

Dengan dipilihnya Kelurahan Kinilow dan Kinilow Satu untuk tahun ini untuk mempercepat penanganan dan pencegahan kawasan permukiman kumuh di Kota Tomohon, dikarenakan kedua kelurahan ini merupakan kelurahan berpotensi terjadinya kawasan pemukiman kumuh, dimana pemunuhan akan air bersih merupakan indikator dalam pengukuran kawasan pemukiman kumuh. Maka, pemerintah berharap agar masyarakat dapat memanfaatkannya dengan baik dan bertanggung jawab. (Novita Pangkey)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.