TFL Sosialisasikan Program SLBM

TFL Sosialisasikan Program SLBMBoltim – Tim Fasilitator Lapangan (TFL) dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mulai mensosialisasikan program Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat (SLBM) yang berorientasi pada pembangunan Prasarana dan sarana .

Sosialisasi yang dilaksanakan di Kantor Desa Tombolikat Selatan pada Rabu (20/05) siang tadi, tak lain bertujuan memaparkan pokok – pokok yang dianggap penting untuk dapat dipenuhi masyarakat setempat terkait pembangunan Prasarana dan sarana SLBM yang dibutuhkan.

“Sampai saat ini kita sudah turun sosialisasi di tiga Kecamatan, yakni di Kotabunan tepatnya di Togulu, Nuangan di Desa Matabulu Timur, serta Tutuyan tepatnya di Desa Tombolikat selatan,” terang Koordinator Tim Fasilitator Lapangan, Nugroho Lasabuda.

Terkait anggaran, dirinya menjelaskan bahwa, program tersebut memakai Dana yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) Pemerintah Daerah (Pemda) Boltim. Dimana besarannya mencapai Rp. 385.000.000,- untuk satu bangunan.

“Soal sarana, tentunya tergantung pada pilihan dari KSM bentukan masyarakat yang ada di Desa. Yang pasti sarana tersebut betul – betul dibutuhkan dan bisa bermanfaat bagi orang banyak,” ujar Lasabuda

Sementara, untuk pencairan sendiri katanya, terbagi atas tiga tahapan,”Pencairan tahap pertama 40 persen, kedua 30 persen dan 30 persen lainnya untuk tahap ke tiga,” cetusnya

Diketahui, program SLBM tersebut meliputi pembangunan seperti Mandi Cuci Kakus (MCK), Intalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL),  Bak Kontrol, Grease Trap dan Perpipaan.(Dhyrta)

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.