DP3K Sangihe Mulai Salurkan Saprodi ke Petani

Kepala DP3K Kabupaten Sangihe Ir Mathilda Lumeling

Kepala DP3K Kabupaten Sangihe Ir Mathilda Lumeling

TAHUNA,Suarasulutnews.co.id-Dinas Pertanian Peternakan Perkebunan dan Kehutanan (DP3K) Kabupaten Sangihe mulai menyalurkan Sarana Produksi (Saprodi) ke kelompok tani.

Kepala DP3K Ir M Lumeling melalui Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultural HA Ulaen mengatakan, Sapordi yang akan disalurkan ke kelompok tani berupa bibit cabe 75 saset, buah naga 2.500 stek, sayuran tomat, kacang panjang, terong dan caisin.

Penyaluran saprodi dimaksud kata mantan Sekertaris Badan Lingkungan Hidup Pemkab Sangihe tersebut, tak hanya menjadi jatah petani di daratan pulau Sangihe, tapi turut menyebar kepada petani di pulau-pulau kecil serta pulau terluar.

“Untuk buah naga sementara disalurkan  di wilayah kepulauan yaitu di pulau Kahakitang, Para dan pulau terluar Marore serta Kawio, karena buah naga cocok di tanah gersang, sedangkan cabe, tomat caisin, terong, kacang panjang akan disalurkan kepada kelompok tani yang memasukan proposal, yang ada di Kecamatan Tahuna Barat, Tabukan Utara dan Tabukan Tengah, Tabukan Selatan dan Tamako,” ungkapnya.

Dijelaskan pula, penyaluran Saprodi kepada kelompok tani juga adalah bagian dari upaya pemerintah setempat dalam mewujudkan ketahanan pangan di kawasan yang berbatasan dengan negara tetangga tersebut.

”Jadi bantuan bibit yang diberikan sebagai motivasi para petani untuk menanam, dan hasilnya diharapkan akan berdampak bagi ketahanan pangan di KepulauanSangihe serta peningkatkan ekonomi para petani itu sendiri,”kata Ulaen.(fb)

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.