KPUD Mitra Siapkan Penyusunan DPHP

RATAHAN‎, Suarasulutnews.co.id – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) melakukan persiapan penyusunan Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) yang akan digunakan dalam Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut (Pilgub) 2015 ini.

Menurut Komisioner KPUD Mitra yang membidangi Divisi Data dan Informasi Helty Fivi Massie menjelaskan, saat ini DPHP  sedang disusun Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Desa dan Kelurahan.

“Makanya kita buat tatap muka dengan tujuan memberikan informasi teknis kepada PPS dalam hal penyusunan daftar pemilih hasil pemutakhiran, dibagi masing-masing PPS di desa dan kelurahan per enam kecamatan setiap harinya,” terangnya.‎

Menurut Heltie, informasi teknis ini diberikan dengan harapan agar dalam penyusunan ini, PPS menyajikan data yang akurat sesuai dengan hasil pencocokan dan penelitian (coklit) dan pemutakhiran data yang dilakukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

“Soalnya penyusunan daftar pemilih hasil pemutakhiran di tingkat PPS ini akan menentukan karena akan terus berpengaruh hingga penyusunan data pemilih semua jenjang dengan hasil akhirnya, “jelasnya.

Dilanjutkannya, penyusunan daftar pemilih hasil pemutakhiran di tingkat PPS ini akan dilakukan hingga 26 Agustus pekan depan.

“Selanjutnya mulai 27 Agustus sampai 29 Agustus dilakukan rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran di tingkat PPS, dilanjutkan dengan di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada 30 Agustus sampai 31 Agustus,” rincinya.

Dia menambahkan, nantinya setelah selesai rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran di tingkat PPK, KPU kemudian akan melakukan penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada 1 September sampai 2 September.

“Nanti usai kita kita lanjutkan lagi dengan tahapan penyusunan Daftar Pemilih Tetap. Yang pasti semua kita laksanakan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan,” tandasnya. (alfendy)

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.