Peternakan Sangihe Gelar Vaksinasi Rabies

TAHUNA,Suarasulutnews.co.id-Dinas Pertanian Perkebunan  Peternakan dan Kehutanan (DP3K) Kabupaten Sangihe melalui Bidang Peternakan mulai melaksanakan vaksinasi anti rabies terhadap ribuan anjing peliharaan.

Kabid Peternakan DP3K Sangihe, Ir. Evelin Geghaube kepada sejumlah wartawan mengatakan, vaksin yang diberikan meliputi vaksin jenis rabisin untuk jangka waktu satu tahun serta vaksin rabifet untuk dua tahun sekali.

”Sasaran vaksinasi khusus untuk anjing-anjing peliharaan dan jenis vaksin ada yang setahun sekali serta dua tahun sekali,”ungkapnya.

Dijelaskan pula, berdasarkan data terakhir di Bagian Peternakan, saat ini jumlah anjing peliharaan di Sangihe mencapai kurang lebih 15 ribu ekor, sehingga diharapkan bagi warga pemilik anjing untuk dapat membantu serta menunjang program vaknsinasi tersebut.

”Kami berharap pemilik anjing dapat membantu petugas vaksinasi dengan sukarela memberikan anjing peliharaannya untuk diberikan vaksinasi,”ujar Geghaube.

Disentil soal stok vaksin yang tersedia, menurutnya masih sangat mencukup untuk kelancaran kegiatan vaksinasi, karena selain tersedia 500 botol atau 5000 dosis, masih ada vaksin lainnya yang berasal dari bantuan Pemprop Sulut sebanyak 2500 dosis.

”Jadi untuk stok vaksin tetap tersedia dan dalam kondisi aman, dan setelah anjing divaksin, petugas vaksinator akan memberikan kartu vaksin kepada pemilik hewan,”pungkasnya.(fb)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.