Jamal Baca Puisi di Megamall Manado

Jamal Rahman Iroth Saat membacakan Puisi

Jamal Rahman Iroth Saat membacakan Puisi

Boltim-Seniman multi talenta dari Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Jamal Rahman Iroth diundang membaca puisi pada festival konservasi Sulawesi Utara. Festival ini akan  digelar oleh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) f/21 di halaman dan atrium Mega mall Manado pada tanggal 2-3 September 2016.

Sebelumnya f/21 bekerjasama dengan sejumlah lembaga yang konsen terhadap pelestarian alam, pernah menghadirkan Jamal Rahman Iroth dalam acara serupa yang bertajuk Festival Maleo 23 Des 2015 di Manado Town Square. Kali ini Jamal akan berkolaborasi dengan sanggar kreatif asuhan Budayawan Sulut Iverdixon Tinungki, serta beberapa Musisi Jalanan dari komunitas Oi Manado.

Ketua LPM f/21, Ronny Buol mengatakan, pihaknya sengaja mengemas festival tersebut dengan penampilan puisi dan musik dari band-band indie Manado,”Kegiatan ini bertujuan untuk menyuarakan keprihatinan terhadap kondisi lingkungan hari ini, sekaligus mengkampanyekan semangat melestarikan alam.” kata Ronny.

Dirinya menambahkan, seperti pengalaman pada even sebelumnya, penampilan Jamal dengan gaya khasnya berpuisi dan bermusik, selalu menjadi performance yang spektakuler dan atraktif.”Jamal sebagai penyair dan juga musisi, memang sering diundang di berbagai even. Diantaranya pada Temu Sastra Nasional – Bale Sastra Jakarta 9 Des 2012, Pembukaan Kantor KY Sulut – Aula Walikota Manado 2014, Temu Budayawan dan Akademisi se-Indonesia – Hotel Aryaduta Manado tahun 2014, Workshop & Lomba Foto Dinas Pariwisata Sulut – Hotel Kawanua Manado Tahun 2014. tambahnya.

Bahkan diterangkannya pula, Jamal juga pernah diundang Baca Puisi di hadapan Mahasiswa Ujian Apresiasi Sastra – FBS UNIMA 14 Juni 2016, Pentas Sastra di Balai Bahasa Propinsi Sulut 25 Juni 2016, Buka Puisi dan Buka Puasa Bersama – Taman Kota Kotamobagu 30 Juni 2016.

Di Boltim khususnya Jamal juga selalu tampil bernyanyi dan berpuisi hampir pada setiap even penting. Diantaranya, dalam Debat Calon Bupati dan Wakil yang digelar oleh KPU Boltim, Desember 2015. Jamal juga diundang menjadi bintang tamu dalam Festival Pendidikan KPMIBT di Lapangan Pondabo Tutuyan 2014,”Baru-baru ini Jamal tampil membaca Puisi dalam Festival 17 Agustus 2016, Karang Taruna Desa Bulawan.” tandasnya.(Dhyrta)

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.