Bahasa Tountemboan Mulai Redup?

Anak Suku Minahasa-Tountemboan saat bersama dengan Media ini

Anak Suku Minahasa-Tountemboan saat bersama dengan Media ini

Amurang-Orang Minahasa adalah salah suku yang cukup dikenal yang memiliki bahasa Tountemboan,tetapi bahasa Tountemboan sepertinya mulai ditinggalkan dan tidak lagi di perbincangkan oleh suku Minahasa sendiri atau suku Minahasa atau yang menggunakan bahasa Tountemboan.

Hal diatas di katakan oleh salah satu warga suku Minahasa Tountemboan yakni Roody Wungow, kepada media ini mengenai bahasa atau dialeg Tountemboan.

“Ya,saya suku Minahasa yang berbahasa Tountemboan yang mendiami Minahasa Selatan,”kata Roody Wungow yang juga Hukum Tua Desa Makasili kepada media ini.

Iapun mengatakan,bahasa Tountemboan adalahs alah satu bahasa yang dikenal  dan diandalkan di Suku yang mendiami Minahasa.

“Ingat bahasa atau dialek Tountemboan adalah yang terbesar di Suku Minahasa,melingkup beberapa kecamatan dan wilayah,”tuturnya.

Wungowpun berharap agar dipertahankan ,karena daerah lain juga hingga saat ini masih menggunakan bahasa daerah sendiri.

“Minimal kita pertahankan,coba kita bandingkan Dengan daerah lain,semua masih menggunakan bahasa Daerahnya sendiri,”katanya yang diaminkan oleh Serma Dolvie Bukunusa kepada media ini.(arum)

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.