Bebalang dan Beng Laut Segera Difasilitasi Kapal Pedesaan

Kadis Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Hubkominfo), S.G.B. Makagansa SIP

Kadis Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Hubkominfo), S.G.B. Makagansa SIP

Tahuna-Jika tak ada aral melintang, 2 unit kapal angkutan pedesaan bantuan Dirjen Bina Bangda Kementerian Dalam Negeri, akan tiba di Tahuna pada tanggal 15 Desember 2016.

Kedua kapal yang diberi nama Sangihe I dan Sangihe II itu akan melayani transportasi pulau Bebalang Kecamatan Manganitu Selatan dan pulau Beng Darat Kecamatan Tabukan Selatan Tengah.

Hal ini dibenarkan Kadis Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Hubkominfo) Sangihe, S.G.B. Makagansa SIP kepada sejumlah wartawan, Kamis (01/12) kemarin.

”KM Sangihe I dan KM Sangihe II khusus akan melayani penumpang dan barang pulau Bebalang dan pulau Beng Darat,”ungkap Makagansa.

Sementara PPTK Dana Alokasi Khusus (DAK) Transportasi Pedesaan Hubkomnfo Sangihe, Arnold Panawar ditemui terpisah menjelaskan, KM Sangihe I dan KM Sangihe II merupakan bagian dari 9 unit kapal angkutan pedesaan yang diprogramkan Hubkominfo Sangihe untuk melayani 9 pulau terluar di wilayah yang berbatasan dengan negara tetangga Philipina yang tidak tersentuh pelayaran kapal perintis.

”Sebagaimana dengan perencanaan dan programDishubkominfo Sangihe, kita membutuhkan 9 unit kapal yang sama tipenya untuk melayani 9 pulau di Sangihe yang tidak tersentuh kapal perintis,”ujar Panawar.

Lanjut dikatakan Panawar, kehadiran KM Sangihe I dan KM Sangihe II maupun KM Sangihe III hingga KM Sangihe IX kedepan, juga untuk mempermudah warga menjangkau ibukota kabupaten serta mengangkat perekonomian di pulau-pulau .

Ia juga mengatakan, tahun 2017 mendatang pemkab setempat akan mengupayakan direalisasinya lagi 2 uni kapal yang sama hingga target 9 kapal dapat dicapai secara bertahap.

”Secara bertahap 9 unit kapal angkutan pedesaan akan direalisasikan dan tahun depan juga akan diupayakan lagi 2 unit,”pungkasnya.(eleh)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.