Program 100 Hari kerja,Dinas Pangan Sangihe Kembangkan Pembuatan Kecap Air Kelapa

Bupati Wabub terpiih, Jabes Gaghana SE,ME – Helmud Hontong SE Kabupaten Sangihe

Bupati Wabub Jabes Gaghana SE,ME – Helmud Hontong SE Kabupaten Sangihe

Tahuna-Seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilingkup Pemkab Sangihe saat ini tengah terkonsentrasi menindak lanjuti program 100 hari Bupati Jabes Gaghana SE,ME dan Wabub Helmud Hontong SE. Dan khusus Dinas Pangan yang merupakan dinas baru setelah sebelumnya bernomenklatur Badan Ketahana Pangan, langsung bergerak cepat dengan menindak lanjuti lewat pengembangan teknologi tepat guna pembuatan kecap dari air kepala.

”Teknologi tepat guna, khususnya untuk pembuatan kecap dari air kelapa menjadi salah satu tindak lanju kami dalam program 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati,”ungkap Kepala Dinas Pangan Kabupaten Kepulauan Sangihe, Ir. Himans Salindeho dikonfirmasi wartawan, Rabu (14/06) kemarin.

Diakuinya, dalam merealisasikan program pembuatan kecap, Dinas Pangan terkendala pada anggaran yang tersedia, namun didasari dengan semangat kerja serta komitmen mensukseskan program 100 hari, diyakini semua akan dapat diatasi, apalagi selama ini air kelapa yang bahan bakunya melimpah di Sangihe hanya dijadikan limbah.

”Walaupun dengan biaya yang sangat minim, kami optimis program pembuatan kecap dari air kelapa ini akan berjalan dengan baik dan sukses,”kata Salindeho.

Ia juga menghimbau masyarakat Sangihe yang berkecimpung dengan tanaman kelapa, bersama-sama mengembangkannya guna peningkatan pendapatan masyarakat. Sementara tindak lanjut program 100 kerja juga terkonsentrasi disejumlah dinas/badan lainnya, seperti Badan Lingkungan Hidup yang melakukan penataan kawasan Boulevard dengan melakukan pengecatan talud.

Hal yang sama juga teranpantau pada Dinas Komunikasi Informasi (Kominfo) yang melakukan penataan data dan informasi terpusat.

”Jadi kedepan untuk data dan informasi daerah akan terfokus di Kominfo sebelum menyebar, dan kegiatan ini akan dimatangkan lewat program 100 hari kerja,”kata Kadis Kominfo Drs. Irklis Sombonaung ditemui terpisah.(eleh)

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.