Pemkab Sangihe Sambut Positif Program Dana Kelurahan

Sekretaris Daerah Kabupaten Sangihe, Edwin Roring SE,ME

Sekretaris Daerah Kabupaten Sangihe, Edwin Roring SE,ME

Sangihe-Rencana pemerintah pusat menggelontorkan anggaran dana kelurahan pada tahun 2019 mendapat sambutan positif Pemkab Sangihe.

Hal ini dikatakan Sekda Edwin Roring SE,ME kepada sejumlah wartawan pekan lalu. Menurut Roring, program dana kelurahan sangat membantu pembangunan

infrasktruktur di wilayah kelurahan yang salama ini belum tersentuh langsung melalui anggaran pendapatan belanja negara (APBN) maupun APBD.

Roring mengakui, dengan adanya kebijakkan program dana kelurahan, juga sebagai langkah antisipasi jangan sampai ada kelurahan yang tertinggal dari sisi kemajuan infrastruktur desa mengingat saat ini nominal anggaran dana desa telah miliyaran rupiah terealisasi.

”Sangat bagus kalau ada anggaran dana kelurahan, sebab selama ini hanya ada dana desa untuk membiayai program pembangunan desa, disementara itu kelurahan juga butuh sentuhan program agar pembangunannya tidak ketinggalan,”ungkap Roring.

Disentil wacana program dana kelurahan sengaja diluncurkan karena bertepatan dengan tahun politik, menurut Roring salah alamat, sebab adanya keinginan program anggaran kelurahan merupakan usulan dari dari kepala-kepala daerah ditanah air yang selama ini hanya tersentuh anggaran dana desa.

”Ini kan usulan masyarakat ke pimpinan daerah dan dilanjutkan ke pusat, karena selama ini hanya desa yang mendapat anggaran khusus sedangkan kelurahan belum,”kata Roring yang juga menambahkan, anggaran kelurahan juga sangat tepat dalam menunjang pembangunan kelurahan di kawasan kepulauan maupun perbatasan yang notabene jauh dari kondisi kehidupan kelurahan di kota-kota besar.(elleh)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.