Gaghana Sidak Proyek Pembangunan RSUD Liunkendage

Bupati Kabupaten Sangihe, Jabes Esar Gaghana SE,ME

Bupati Kabupaten Sangihe, Jabes Esar Gaghana SE,ME

Sangihe-Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Gaghana SE,ME, Senin (05/11) kemarin lakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Liunkendage Tahuna. Sidak terkait dengan perkerjaan proyek pembangunan tambahan ruang rawat inap berbandrol miliayaran rupiah.

Kepada sejumlah wartawan Bupati mengatakan, sidak menjadi bagian dari pengawasan kegiatan yang dibiayai dari dana pusat maupun APBD, sekaligus untuk melihat kondisi proyek maupun operasi kegiatan dilapangan.

”Untuk mengecek proyek yang anggarannya besar termasuk salah satunya RSUD Liunkendage Tahuna, dan ternyata cukup bagus capainya,”ungkap Bupati.

Selain memberikan motivasi bagi para pekerja, disela-sela sidak Bupati juga meminta kepada pihak kontraktor dapat menyelesaikan pekerjaan proyek sesuai dengan waktu yang ditetapkan dan tetap menjag kualitas pekerjaan.

”Karena proyek rumah sakit ini sangat menunjang pelayanan kesehatan masyarakat, pekerjaannya harus selesai tepat waktu,”kata Bupati.

Sementara meski saat ini status RSUD Liunkendage telah berubah status menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), namun untuk sistim  penganggaranya kata Bupati masih melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Namun Bupati mengakui untuk tahun 2019 nanti RSUD Liunkendage mendapat dukungan anggaran sebesar Rp  56 miliyar untuk percepatan operasional setelah beralih status menjadi BULD.

“Memang sistimnya BLUD tapi penganggarannnya masih dari APBD, sehingga ada yang masih kita sinkronkan dan muda- mudahan kalau sudah betul-betul mandiri supaya kita persiapkan”tukasnya.

Bupati juga berharap dengan adanya bangunan yang saat ini sedang berproses dilokasi RUSUD Liunkendage dengan  kontruksi empat laintai, kedepan RSUD akan lebih baik lagi dalam pelayanan kesehatan.

“Tahun depan DAK kita cukup besar, untuk infrastruktur dan alkes sekitar Rp 56 miliar, dan dengan dana ini dapat di pastikan pelayanan kesehatan akan lebih baik,”ujar Bupati yang juga menambahkan, selain DAK rumah sakit, Pemerintah Kabupaten Sangihe juga mendapatkan DAK infrastruktur Rp 178 miliyar lebih.(elleh)

 

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.