Persiapan Upacara Adat Tulude,Gaghana : Tanggal 31 Januari Hanya Fokus di Sangihe

Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Gaghana SE,ME

Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Gaghana SE,ME

Sangihe-Terkait dengan pelaksanaan upacara adat Tulude yang rutin dilakukan setiap tanggal 31 Januari tahun berjalan, Kabupaten Kepulauan Sangihe sebagai kabupaten induk wajib menggelarnya pada tanggal tersebut. Dengan kata lain, daerah lainnya yang juga akan menggelar Tulude dapat menyesuaikan pada tanggal yang lain selain tanggal 31 Januari.

Hal ini dikatakan Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Gaghana SE,ME belum lama ini. Menurut Gaghana, perlunya hanya Kabupaten Kepulauan Sangihe yang menggelar Tulude pada tanggal 31 Januari, merupakan bentuk penghargaan terhadap Sangihe sebagai kabupaten induk sekaligus untuk lebih memfokuskan makna Tulude sebagai agenda adat yang pelaksanannya setiap tanggal 31 Januari.

”Kita tahu ada daerah lainnya yang menggelar Tulude selain Sangihe, namun untuk lebih menghormati budaya dan keberadaan Sangihe sebagai kabupaten induk, untuk tanggal 31 Januari hanya akan terfokus di Sangihe dan daerah lainnya yang akan melaksanakannya dapat mengambil tanggal yang lain,”ungkap Gaghana.

”Nantinya kami akan berkoordinasi dengan daerah lain di Sulut yang juga akan menggelar Tulude, agar mereka tidak mengambil tanggal 31 Januari untuk menggelar acara dimaksud,”ungkapnya lagi.

Sementara itu Pemkab Sangihe dan Badan Adat tengah mematangkan persiapan Tulude sekaligus dengan peringatan HUT Daerah Kabupaten  Kepulauan Sangihe ke – 594.

Kepalah Dinas Pariwisata Jeffry S. Tilaar SE engatakan, untuk perayaan Upacara Adat Tulude Tahun 2019 maupun HUT Daerah akan dipusatkan di pendopo Rumah Jabatan Bupati. Tilaar juga mengatakan, kepastian kedua iven tahunan dimaksud tentunya sudah melalui berbagai pembahasan dan koordinasi serta rapat pemerintah daerah bersama Badan Adat Kabupaten Kepulauan Sangihe.

“Sudah dua kali dilaksanakan rapat bersama Badan Adat, dan menentukan pelaksanaan kedua iven tersebut digelar tanggal 31 Januari 2019. Bahkan berbagai persiapan sudah dimantapkan kareana akan diisi dengan berbagai acara adat, seperti pementasan kesenian daerah dan pesta rakyat,”ujar Tilaar.(Verry)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.