Listrik Sering Padam, Ini Penjelasan PT. PLN UP3 Tahuna.

Sangihe – Adanya pemadaman dibeberapa wilayah yang ada di Kabupaten Sangihe ternyata bukan hal yang sengaja di lakukan pihak PT. PLN UP3 Tahuna. Menurut Manager Bagian Jaringan Marthen Salmon menjelaskan terkait dengan sering padamnya listrik terutama di daerah Tabukan tengah disebabkan pohon milik warga yang terlalu dekat dengan jaringan. Mengatasi masalah tersebut, pihak PT. PLN UP3 Tahuna dikatakan Salmon sedang turun ke lapangan untuk menyelesaikannya.

“Penyebab sering terjadinya pemadaman listrik itu diakibatkan pohon milik warga terlalu dekat dengan jaringan. Dan saat ini juga ada jadwal pembersihan jaringan. Jadi untuk pemadaman di area Tabteng itu, ada jadwal pembersihan pohon yang dekat dengan jaringan yang dimulai sejak bebeapa hari lalu, dan sebenarnya penyebab gangguan sehingga lampu sering padam, diakibatkan pohon yang dekat dengan jaringan, saat ini ada jadwal pemadaman karena dilaksanakan pemeliharaan pemangkasan/ pembersihan pohon yang dekat jaringan 20kv,” ungkap Salmon, ketika dikonfirmasi, Selasa (16/7/2019), diruang kerjanya.

Dia menjelaskan, untuk pemadaman ada dua tipe, yaitu pemadaman terencana dan pemadaman tidak terencana. Saat ini ada perbaikan di rayon Petta untuk jalur ke Lesabe.

“Kalau terencana pemeliharaan Jaringan konstruksi SUTM dan pemeliharaan pemangkasan pohon yang dekat jaringan 20kv sebelum pelaksanaan pastinya kami akan memberikan pengumuman kepada masyarakat bahwa akan ada pemadaman lewat Radio, untuk daerah-daerah yang masuk jadwal pemadaman, sedangkan untuk pemadaman tidak terencana itu cuaca extrem, misalnya angin kencang sehingga pohon yang dekat dengan jaringan itu tersentuh, pohon roboh dijaringan 20kv sehingga mengakibatkan pemadaman,” tukasnya.

Lanjut dia, bahwa hari ini juga ada jadwal pemadaman terencana, karena ada pekerjaan pemasangan PMT dikantor Petta dan penarikan jaringan SUTM untuk feder wilayah Kendahe dan mainline didepan kantor Petta.

“Jadi nantinya dengan dipasang peralatan PMT ini bisa mempercepat penormalan dan bisa diketahui feder mana yang terindikasi gangguan jaringan,” sebut Salmon.

Senada juga disampaikan Manager PT PLN UP3 Tahuna Mulke Gal Tumanken. Menurutnya, pemadaman listrik itu tidak disengaja dilakukan oleh petugas PLN. Untuk Tabteng saat ini ada perbaikan untuk penggantian Kubikel dengan opstiq kabel di rayon Petta.

“Diharapakan kepada masyarakat, bila da pohon yang dekat dengan jaringan untuk dapat memberikan pohon mereka dipangkas, kecuali pohon kelapa berarti itu harus ditebang. Nanti pihak PLN yang akan menebang,” tuturnya. (Andika)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.