Perjuangkan Kelestarian Danau Tondano Bupati ROR Konsultasi di Kementrian

MINAHASA – Bupati Minahasa DR. Ir. Royke Octavian Roring, MSi berkonsultasi dengan Kementerian Lingkungan hidup dan Kehutanan RI dalam rangka memperjuangkan pelestarian Danau Tondano di Jakarta. Jumat (23/10-2020)

Kunjungan kerja Bupati dalam rangka konsultasi dan diterima langsung oleh Direktur Perencanaan dan Evaluasi Pengelolaan DAS merangkap Plt. Direktur Pengendalian Kerusakan Perairan Darat KLHK, Dr. Saparis Soedarjanto, SSi, MT, Ir. Inge Retnowati, ME

Kasubdit  Pengendalian Kerusakan Danau dan Ir. Heru Winarto, MSi, Kasudit Pengendalian Kerusakan Sungai Langka strategis terus di lakukan oleh Bupati ROR dalam rangka revitalisasi Danau Tondano.ada beberapa hal yang dibahas antara lain:

– Diharapkan agar Perpres Penyelamatan Danau Prioritas Nasional dapat segera terbit, karena sangat diperlukan untuk mengkoordinasikan sektor-sektor terkait dan daerah dalam upaya terpadu penyelamatan danau prioritas nasional.

– Dengan Perpres tersebut diharapkan masing2 pihak terkait akan melakukan upaya penyelamatan danau yang didasarkan pada satu Rencana Pengelolaan yang menjadi acuan bersama, dan ada institusi pemerintah di tingkat pusat yang menjadi koordinatornya.

– Selain Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, diharapkan BAPPENAS dapat menjadi koordinator di tingkat yang lebih implementatif, karena Bappenas memiliki kewenangan dalam perencanaan program dan  penganggaran yang bersifat lintas sektor.

– Upaya mendorong terbitnya Perpres dimaksud akan dilakukan baik oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia maupun oleh daerah, khususnya oleh Bupati ROR yang akan mengkomunikasikan hal ini kepada pihak-pihak terkait di Provinsi Sulawesi Utara yang diharapkan dapat berkoordinasi secara lebih strategis.

“Danau Tondano merupakan salah satu dari 15 danau prioritas di Indonesia. dimana Pengangkatan eceng gondok sebelumnya sempat terhenti karena Covid 19 dan sejak tadi pagi sudah dilaksanakan kembali pembersihan di danau Tondano yang melibatkan ASN dan masyarakat untuk pelestarian Danau Tondano” ungkap ROR. (Marchel/Frayno)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.