Senin, 23 September 2024

Ketua KPU Mitra Beserta Jajarannya Mengikuti Rakor dan Bimtek Protokoler

Mitra – Ketua, anggota dan Sekretaris Serta sejumlah jajaran Sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Protokoler pada KPU Propinsi dan KPU Kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara (Sulut) di Mercure Manado Tateli Beach Hotel, Jumat (28/6-2024).

Kegiatan yang direncanakan berlangsung hingga Minggu (30/) ini dibuka secara resmi oleh Ketua KPU Sulut Kenly Poluan, didampingi komisioner KPU Propinsi lainnya, Salman Saelangi, Lanny Ointu, Awaladin Umbola dan Plt Sekretaris KPU Propinsi Sulut Meidy Malonda.

Kenly mengatakan, salah satu tujuan pelaksanaan Rakor dan Bimtek Protokoler ini adalah untuk lebih meningkatkan serta menyeragamkan sistem keprotokolan di semua satuan kerja (satker) KPU di 15 kabupaten/kota se-Sulut.

“Hasil evaluasi kami, dalam hal kegiatan, baik itu hanya internal (KPU) maupun melibatkan pihak eksternal, terkait pengelolaan keprotokolan masih perlu diperbaiki dan lebih ditingkatkan lagi. Kemudian menyeragamkan di semua KPU di 15 Kabupaten/Kota,” kata Ketua KPU Sulut dalam sambutannya di acara pembukaan.lanjutnya, sekarang ini kita sudah masuk pada tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati.

“Sebentar lagi masuk tahapan pencalonan. Bagaimana mengelola keprotokolan dalam pencalonan, ini harus dilakukan secara baik dan penerapannya seragam di semua Kabupaten/Kota se-Sulut,” Jelas Kenly.

Usai Ketua KPU Sulut menyampaikan sambutan dan membuka kegiatan, tiga komisioner serta Sekretaris turut menyampaikan arahan-arahan tentang  keprotokolan serta terkait kegiatan-kegiatan menyangkut tahapan dan Divisi masing-masing.

Nara Sumber (Narsum) dalam kegiatan ini melibatkan pihak internal dan eksternal. Sebut saja dari TNI, Polri, BINDA, KPU-RI dan KPU Propinsi Sulut.

Turut hadir dalam acara pembukaan, Ketua dan anggota, Sekretaris bersama Pejabat struktural dan sejumlah staf pegawai KPU Propinsi Sulut, Kepala Bagian (Kabag) Persidangan dan Protokoler KPU RI Ashari Andi Muhammad, para peserta dari 15 Kabupaten/Kota se-Sulut yang masing-masing terdiri dari lima komisioner, Sekretaris, Kepala Sub Bagian Keuangan Umum dan Logistik (KUL), Staf Pelaksana Divisi KUL serta tiga anggota Jagat Saksana.

Di hari kedua, Sabtu (29/6/2024) sekira pukul 07.00 WITA, kegiatan diawali dengan ‘Outbound’ yang diikuti oleh seluruh peserta dari KPU Propinsi Sulut dan dari 15 KPU Kabupaten/Kota se-Sulut. Menariknya, Kabag Protokoler KPU RI ikut memandu salah satu ‘games’ atau permainan di kegiatan ‘Outbound’. Selanjutnya, sekira pukul 13.00 WITA setelah istrahat, sholat dan makan, para peserta kembali memasuki ruangan untuk menerima pemaparan materi dari para Narsum.

(J. Selang/Adv)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.