Pentingnya Keterampilan Digital Dalam Era Informasi KPU Mitra Gelar Workshop

Mitra – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) menggelar Workshop Kreativitas Digital selama 2 hari (19 – 20), yang bertempat di Hotel Mercure Manado, Jumat (19/07-2024).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Divisi Sosialisasi Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, dihadiri oleh ketua dan anggota panitia pemilihan kecamatan serta staf teknis dari 12 kecamatan di Kabupaten Mitra.

Pelatihan ini mencakup tiga topik utama yaitu, pembuatan konten video menggunakan peralatan sederhana seperti smartphone, penulisan berita, dan pembuatan flyer serta infografis menggunakan aplikasi mobile.

Ketua Divisi Sosialisasi Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia Lucky Mamahit menyampaikan, bahwa tujuan utama dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam memproduksi infografis dan flyer yang berkaitan dengan tahapan Pilkada yang sedang berlangsung.

“Jadi peserta diharapkan mampu mendokumentasikan kegiatan selama tahapan Pilkada dalam bentuk video, serta menulis berita yang akan dimuat di website resmi KPU Minahasa Tenggara,” kata Lucky.

Lanjutnya, pentingnya keterampilan digital dalam era informasi saat ini, khususnya dalam mendukung transparansi dan partisipasi publik dalam proses Pilkada.

“Kami berharap melalui workshop ini, para peserta dapat menghasilkan konten-konten yang informatif dan menarik, sehingga masyarakat lebih memahami dan terlibat aktif dalam setiap tahapan ,” harapnya.

Kadiv menjelaskan, kegiatan yang berlangsung dua hari ini para peserta mendapatkan materi dan praktik langsung dari para ahli di bidang masing-masing.

“Kegiatan ini juga diharapkan dapat membangun jaringan kerja yang solid antara panitia pemilihan di setiap kecamatan, sehingga informasi terkait Pilkada dapat tersampaikan dengan baik dan merata,” ujarnya.

Ditambahkanya Workshop ini merupakan salah satu upaya KPU Kabupaten Minahasa Tenggara dalam memastikan bahwa proses Pilkada 2024 berjalan dengan transparan, informatif, dan melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat.

“Dengan kemampuan baru yang diperoleh dari pelatihan ini,  para peserta dapat berkontribusi lebih maksimal dalam menyukseskan Pilkada serentak tahun 2024” Kadiv Lucky Mamahit.

(J. Selang/Adv.)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.