Kembangkan Kawasan Perikanan Dagho

Makagansa : Ibu Susi Lakukan Revolusi Orientasi di Sangihe

Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti dan Bupati Sangihe Drs. H.R. Makagansa MSi

Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti dan Bupati Sangihe Drs. H.R. Makagansa MSi

TAHUNA,Suarasulutnews.co.id-Kepedulian Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti di Kabupaten Sangihe tak hanya terkait realisasi program Nawacita, Membangun Dari Pinggiran, tapi turut melakukan revolusi orientasi mata pencaharian warga setempat.
Hal ini ditegaskan Bupati Drs. H.R. Makagansa MSi dalam sela-sela kunjungan persiapan peresmian kawasan perikanan Dagho, Senin (01/02) kemarin. Terkait revolusi orientasi kata Makagansa, jelas tergambar pada pengembangan Dagho menjadi kawasan industri perikanan, dimana pada program Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) dimaksud, Ibu Susi ingin mengembalikan orientasi pencaharian masyarakat Sangihe pada sektor kelautan.
”Jadi terlepas dari pengembangan Dagho, Ibu Susi juga ingin mengembalikan orientasi pencaharian warga Sangihe ke laut, sebagaimana yang telah turun temurun dilakukan para orang tua dulu,”kata Makagansa.
Dijelaskan pula, dalam konsep revolusi orientasi, masyarakat Sangihe tak hanya digiring untuk kembali menggeluti laut sebagai sumber kehidupan, tapi turut merubah pola kerja nelayan dari yang sebelumnya nelayan tradisionil ke nelayan produktif serta dari nelayan pencari ikan menjadi nelayan penangkap yang difasilitasi peralatan lengkap.
”Kalau nelayan pencari ikan, waktu nelayan habis berputar-putar baru mendapat ikan, tapi ketika menjadi nelayan penangkap dan produktif, otomatis tangkapannya tepat sasaran dan hasil tangkapan tak sekedar untuk makan, tapi bisa dijual dan hasilnya disaving untuk keperluan lain, termasuk memenuhi pembiayaan sekolah anak hingga kejenjang perguruan tinggi,”ungkap Makagansa yang juga menambahkan, konsep Revolusi Orientasi yang diterapkan Menteri Susi, singkron dengan Visi Misi Kabupaten Kepulauan Sangihe, Menjadikan Sangihe Sebagai Kabupaten Bahari Yang Sejahtera dan Bermartabat.(fb)

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.