RT dan Kaling di Sangihe 6 Bulan Tak Terima Honor

HonorTahuna- Kasihan benar nasib para ketua RT serta Kepala Lingkungan (Kaling) di Kabupaten Sangihe. Betapa tidak, incentive maupun honor yang semestinya harus mereka terima sejak Januari hingga Juni ini, belum juga terealisasi.

Tak heran jika saat ini beberapa dari mereka (RT) terpaksa harus mempertanyakan kapan hak yang seharusnya sudah mereka terima dapat dipenuhi Pemkab Sangihe.

”Kami juga bingung mengapa honor RT maupun incentif Kaling belum juga cair, padahal juga butuh dana tersebut untuk kebutuhan kami, termasuk kegiatan di wilayah kami ketika ada kegiatan pemkab, seperti menyambut Adipura dan tamu pejabat seperti kehadiran pak Presiden baru-baru ini,”ungkap beberapa RT.

”Atau jangan-jangan karena kami hanya orang kecil hingga pemkab enggan memperhatikannya. Jangan lupa untuk menjadi RT kami juga dipilih oleh warga kami, jadi jangan kami dipandang
sebelah mata seperti ini,”tegas salah satu ketua RT yang meminta namanya jangan dikorankan. Lalu apa tanggapan pemkab ?.

Melalui penjelasan Kasubag Pendapatan dan Pengembangan Kelurahan Desa, Bagian Pemerintahan Desa (Pemdes) A.M. Landeng, diperoleh informasi kalau belum cairnya incentif RT maupun honor Kaling, termasuk tambahan penghasilan Kapitalaung (Kepala kampung), dikarenakan anggarannya tertata bersama-sama dengan anggaran dana desa (ADD) yang pencairannya sedang berproses.

Ia pun berjanji untuk pencairan ADD diupayakan cair bulan ini sekaligus pula dengan pencairan anggaran untuk incentif RT dan honor Kaling.

”Diupayakan bulan ini ADD bersama incentif RT dan honor Kaling bisa cair, karena Pemdes sendiri juga sudah turun langsung membantu administrasi beberapa kampung agar proses ADD bisa dipercepat,”kata Landeng.(fb)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.