Sampai September 2016, BNN Bitung Tangani 42 Kasus Narkoba

Tahun 2014 Capai 140an Kasus, 2015 Hanya 62 Kasus

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN0 Kota Bitung, dr Tommy Sumampouw

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN0 Kota Bitung, dr Tommy Sumampouw

Bitung-Sejak Januari hingga September 2016, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Bitung telah berhasil menangani 42 orang pengguna narkoba. Jumlah pengguna  narkoba terbanyak anak-nak usia remaja.

Jumlah ini mengalami penurunan yang cukup sgnifikan dibandingkan tahun 2014 dan tahun 2015. Pada tahun 2014 BNN Kota Bitung berhasil menangani 140-an waga pengguna narkoba, namun mengalami penurunan pada tahun 2015 yakni hanya 62 orang. Pada September  2016 penurunan yang lebih signifikan yakni hanya 42 orang.

Hal ini diungkapkan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN0 Kota Bitung, dr Tommy Sumampouw saat ditemui di sela-sela kegiatan sosialisasi bahaya narkoba pada siswa SMP Negeri 1 Bitung, Rabu (19/10).

“Pada tahun 2016 in i ada 5 orang yang diproses Tim Assesment Terpadu (TAT),” jelas Sumampouw.

Dikatakan pula, dilihat dari jumlah atau prosentase dari dua  tahun terakhir ini, ternyata mengalami penurunan jumlah pengguna narkoba  yang cukup siginifikan.

“Program pemberantasan narkoba yang digencarkan Pemerintah pusat, oleh Bapak Presiden Jokowi, ini sangat berpengaruh terhadap jumlah ‘kasus’ penyalahgunaan narkoba terutama jumlah pengguna yang menurun drastis,” papar Sumampouw.

Diakuinya, untuk pengguna obat-obat keras dan zat adiktif, terbanyak didapati pada anak usia remaja, sehingga BNN Kota Bitung semakin meningkatkan volumen sosialisasi dan pencegahan di kalangan remaja, terutama anak sekolah.

“Kami sangat berharap ada peran aktif secara terus menerus  dari pihak orang dan pihak sekolah untuk turut bersama mencegah anak-anak ahar tidak terlibat penyalahgunaan narkoba,” pungkas Sumampouw. (estefanus)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.