Pemkab Bolmong Sosialisasi Tetang Pengelolaan ADM Keuangan Desa

sunge paputunganBolmong – Dengan diberlakukanya UUD Desa Nomor 6 Tahun 2014 maka di pastikan semua Desa se Indonesia termasuk Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) akan mengelolah ratusan Juta Rupiah Danah Pemerintah yang di salurkan melalui Program Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yakni Dana Alokasi Desa (DAD).

Untuk mengatsisipasi permasaalahan di kemudian hari, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) mengelar kegiatan sosialisasi tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

Di katakanya lagi kalau kegiatan tersebut telah di Buka oleh Staf Ahli Bupati Ir Dadang Nugroho atas nama Bupati Bolmong Hi Salihi Mokodongan. Yang turut pula di hadiri oleh semua Camat, Sangadi (Kepala Desa), Sekdes dan Bendahara Desa se kabupaaten Bolmong.

Kepada Wartawan, Kepala BPMD Sunge Paputungan mengatakan kalau Kegiatan sosialisasi yang di Gelarnya itu adalah untuk memberikan informasi kepada perangkat Desa tentang Bagaimana cara Pengelolaan dan pertangung jawaban terhadap Uang Negara Tersebut.

“Jadi tak hanya soal pengelolaan. Keuangan yang kami sampaikan dalaam kegiatan sosialisasi itu, tetapi kami juga turut menginformasikan tentang Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menegah Desa (RPJMDes), Rencana KegiatanPemerintah Desa (RKPDes), Angaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes), dan. Peraturan Desa(PERDes)Kabupaten Bolmong Tahun anggaran 2015,”Ujar Sunge saat di wawancara usai kegiatan Sosialisasi. Senin (8/6).

Di katakanya lagi, kalau kegiatan sosialisasi dan pelatihan tersebut akan di gelear beberapa hari sehingga saat ini pihaknya membagi peserta menjadi 3 Kelompok.

“Untuk kari ini (red. Senin 8/6) ada 5 kecamatan yang kami kumpul untuk mendapatkan materi sosialisasi dari kami. Sementara untuk 10 lainya. Nanti akan mendapat giliran hingga 2 hari kedepan. Katanya.

Ia juga menghimbau agar aparat berhati-hati dalam melakukan pengelolaan DAD ini. Agar supaya, hal yang tidak di inginkan bersama tidak terjadi di kemudian hari.

“Saya harap semua aparat desa dapat bekerja secara Profesional. Lakukan saja pekerjaan sesuai aturan. Muda-mudahan kita semua terhindar dari segala hal yang tidak di ajurkan,” Tutup sunge memberi suport kepada aparat Desa.(Sulhan)

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.