Pemda Bolmut Gelar Panen Raya Sawah Program GPPTT 2015

BOROKO,Suarasulutnews.co.id– Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara menggelar Panen Raya Padi Sawah Program Gerakan Peningkatan Produksi Tanaman Terpadu (GPPTT) tahun 2015 yang bertempat di Desa Tontulow Utara Kecamatan Pinogaluman.

Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. DEPRI PONTOH bersama dengan Direktur Serealia Ditjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Dr. Ir. NANANG SUNANDAR, MP, Tim Monitoring UPSUS STER AD KOL. INF. JONAS TB NAINGGOLAN, DANREM 131 SANTIAGO KOL. INF. SULAEMAN AGUSTO, DANDIM 1303 Bolaang Mongondow LETKOL. S. SIHOTANG, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulawesi Utara Ir. J. H. PANELEWEN, M.Si dan Kepala Bulog Sub Bolmong JUHARNON LALUNDO secara simbolis memulai Panen Raya tersebut.

Dalam sambutannya, Bupati mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Kementerian RI yang berkenan hadir dan bersilaturahmi dengan masyarakat Bolaang Mongondow Utara. Kehadiran ini merupakan bentuk perhatian Pemerintah Pusat terhadap Daerah yang sedang berkembang ini.
Dengan semboyan Kabupaten Juara, di tahun 2015 ini Bolaang Mongondow Utara melaksanakan Program Upaya Khusus GPPTT Komuditas Padi, Jagung dan Kedelai. Pada musim tanam Bulan April sampai September, sasaran luas tanam padi sawah 5.633 ha target produksi 30.982 ton Gabah Kering Panen (Provitas 5,5 ton/ha), Jagung seluas 4.590,5 ha dengan sasaran produksi 18.821 ton (Provitas 4,1 ton/ha), dan Kedelai sebesar 250 ha dengan sasaran produksi 350 ton (provitas 1,3 ton/ha).

Bupati menambahkan turunya debit air dibeberapa bendungan akibat kemarau menjadi permasalahan yang dihadapi oleh petani. Pemerintah Daerah telah berupaya dalam menyikapi hal tersebut, namun keterbatasan infrastruktur di Daerah menyebabkan tidak semua wilayah dapat teratasi. Untuk itu, Bupati atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat petani mengharapkan perhatian khusus dan bantuan Pemerintah Pusat dalam mengantisipasi masalah kekeringan ini.

Menteri Pertanian RI melalui Direktur Sereali Ditjen Tanaman Pangan menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Bupati serta Jajaran Pemerintah Daerah, TNI dan Para Penyuluh Pertanian Kabupaten Bolaang Mongondow Utara atas dukungan dan kerja keras sehingga saat ini bisa melaksanakan Panen raya dan berharap agar pokok-pokok pikiran penting dalam program GPPTT ini dapat terus dilanjutkan. Program ini secara nasional telah menunjukkan angka-angka yang cukup signifikan termasuk di Daerah Bolaang Mongondow Utara. Untuk itu, kerja sama antara Kementerian Pertanian, Pemerintah Daerah dengan TNI agar terus dijaga dan dipertahankan. Berkaitan dengan kendala musim kemarau yang dihadapi Petani, Kementerian Pertanian akan berusaha untuk membantu.

Dari laporan hasil perhitungan yang disampaikan oleh Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bolaang Mongondow Ir. NOFRI MOKOAGOW menyatakan bahwa produktivitas hasil panen rata-rata menghasilkan 7 ton/ha gabah kering Panen dari 354 ha area panen raya. Sementara itu, luas tanaman padi Bolaang Mongondow Utara sekitar 2500 ha.

Dalam acara tersebut, Bupati secara simbolis menyerahkan bantuan alat kepada sejumlah kelompok tani diantaranya bantuan mesin paras, Handsprayer, Unit Pengolahan Hasil (UPH) Kelapa dan Gunting galah. Dilanjutkan dengan penyerahan bantuan ternak sapi oleh Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulawesi Utara, dan penyerahan piagam penghargaan Penyuluh Pertanian Swadaya Teladan tingkat Nasional tahun 2015 kepada Hi. Syarifudin S.ST, M.Si sebagai PNS Penyuluh teladan dan Ishak Datuela sebagai Penyuluh Swadaya Teladan.
Acara dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Drs. REKY POSUMAH, M.Si, Pimpinan SKPD di Lingkungan Pemerintah Daerah, Camat, Sangadi serta Ketua Kelompok Tani se-Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat.(andi)

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.