Jelang Idul Adha, Distanak Agendakan Pemeriksaan Kesehatan Hewan Qurban

Kepala Distanak Boltim, Ramlah Mokodompis

Kepala Distanak Boltim, Ramlah Mokodompis

Boltim- Pihak Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Bolaang mongondow Timur (Boltim), pekan ini mulai mengagendakan kegiatan untuk pemeriksaan kesehatan terhadap hewan ternak yang akan dijadikan qurban pada perayaan Idul Adha yang jatuh pada tanggal 12 September nanti.

Dikatakan Kepala Distanak Boltim, Ramlah Mokodompis bahwa, belum lama ini pihaknya juga telah melaksanakan kegiatan penyuluhan yang melibatkan instansi terkait untuk pemilihan hewan qurban termasuk mekanisme pemeriksaan kesehatan ternak.

“Kita sudah laksanakan penyuluhannya, tinggal melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap ternak yang nanti akan dijadikan qurban.” kata Ramlah kepada media ini saat disambangi dikantornya pada, Rabu (07/09) siang tadi.

Dirinya menambahkan, berdasarkan agenda kegiatan terkait dengan pemeriksaan kesehatan hewan ternak tersebut, pihaknya telah membagi dua wilayah, dimana untuk kecamatan Kotabunan, Tutuyan, dan Nuangan akan dipusatkan di Tutuyan. Sedangkan untuk Kecamatan Modayag bersatu akan dipusatkan di Modayag.

“Pemeriksaan kesehatan kita bagi dua wilayah, yakni di Kecamatan Tutuyan dan Kecamatan Modayag. Jadi, Jumat ini kita fokus di daerah Kecamatan Tutuyan dan Sabtu ke Kecamatan Modayag.” tambahnya.

Dirinya pun berharap, supaya pemeliharaan hewan ternak dapat lebih diperhatikan agar saat pemeriksaan nanti, hewan ternak layak dijadikan qurban.”Tentunya kami berharap, disamping persyaratan secara syariah, daging qurban nanti harus sehat dan layak dikonsumsi.” tukasnya.

Sekedar diketahui, belum ada data pasti terkait dengan jumlah hewan qurban. Namun, pihak Distanak memastikan bahwa akan memberikan satu ekor ternak sapi untuk dijadikan qurban pada perayaan Idul Adha nanti.(Dhyrta)

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.