Minggu Berjalan ini Kecamatan Tompaso Pastikan Usai Laksanakan Musrembangdes di 10 Desa

Musrembangdes Desa Sendangan

Minahasa – Pemerintah Kecamatan Tompaso, Kabupaten Minahasa, mulai melaksanakan kegiatan Musrembangdes, rencana kerja tahun 2023. yang akan dilaksanakan oleh 10 Desa, kegiatan tersebut mulai dilaksanakan oleh beberapa desa, diantaranya Desa Kamanga 2 dan Desa Sendangan, Selasa (18/10-22).

Musrembangdes Desa Kamanga Dua
Musrembangdes adalah bagian penting dalam perencanaan desa dan sebagai media sosialisasi bagi masyarakat apa yang akan di kerjakan oleh pemerintah desa di tahun yang akan datang. Dengan begitu masyarakat dapat berpartisipasi dalam membangun desa, ujar Camat Tompaso Stenly Umboh. STPP.MAP
Umboh berharap, Minggu berjalan ini 10 Desa di kecamatan Tompaso dapat menyelesaikan Musrembangdes.
Dengan adanya pelaksanaan Musrembangdes tentunya akan menjadi patokan perencanaan kedepan dalam perencanaan membangun desa.
Untuk pelaksanaan Musrembangdes Desa Kamanga Dua saat ini patut di teladani, dimana antusias masyarakat sangat signifikan dalam mengikuti kegiatan tersebut yang dihadiri 126 peserta sesuai dengan daftar yang ada,  Kiranya hal ini dapat di contohi bagi desa-desa yang lain, harapnya.
Hukum Tua Desa Kamanga Dua, Lanni Mamesa.ST.  di sela-sela kegiatan mengatakan, bahwa ada lima bidang yang akan dirumuskan dalam anggaran pendapatan belanja desa tahun 2023. Yakni bidang penyelenggaraan pemerintah desa, pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan, pemberdayaan masyarakat, dan bidang penanggulangan bencana keadaan darurat dan mendesak. Dari lima bidang tersebut ada 47 usulan dan rekapitulasi anggaran ada kurang lebih 2,4 M.
Melihat dari pagu anggaran tahun 2022 hanya 1,2M.  Harapnya semogah ada ketambahan dana alokasi dana desa dari pemerintah kabupaten Minahasa.
Dalam kesempatan tersebut Kumtua Kamanga Dua menyampaikan terima kasih kepada bapak Bupati.Dr. Ir. Royke Roring. Yang telah memperhatikan perangkat desa dalam hal pemberian bantuan keuangan kabupaten pada siltap perangkat desa.
Mamesah berharap agar kedepan ada kucuran bantuan dari pemerintah terkait lokasi dana untuk kinerja. Dan untuk masyarakat kiranya dapat mendukung setiap program dalam membangun desa Kamanga Dua yang kita cintai. Mari kita dukung juga program pemerintah Kabupaten Minahasa dan kecamatan Tompaso, Kumtua Lanni.
Secara terpisah kegiatan Musrembangdes di hari yang sama, yang berlangsung di desa Sendangan.
Hukum Tua Desa Sendangan, Deske Kaawoan pada wartawan menjelaskan bahwa, yang menjadi prioritas desa Sendangan kedepan adalah membangun desa Wisata. Adapun sektor wisata berupa, Kolam Renang, Outbond dan bemacam wahana hiburan lainnya yang saat ini sementara di kerjakan, dan di targetkan dapat di gunakan pada tahun depan.
Adapun letak posisi lokasi objek wisata yang di maksud, berada pada lokasi perkebunan Limbobo. Patut diberi apresiasi bagi masyarakat dalam mendukung pembangunan objek wisata tersebut. Kaawoan juga berharap kiranya ada dukungan dari Tou Tompaso (Orang Tompaso) yang boleh di kata telah sukses di luar daerah untuk dapat berpartisipasi akan rencana pembangunan objek wisata tersebut.  Kaawoan juga berharap dukungan dari sektor pemerintah kabupaten, dalam hal ini instansi Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata baik Kapupaten Minahasa juga provinsi Sulut. Ungkap Kumtua Deske.
Dalam kesempatan tersebut camat Tompaso.Stenly Umboh.SSTP.MAP. menyampaikan informasi di sela sela kegiatan musrembang desa Kamanga dua dan desa Sendangan, bahwa pada tanggal 28-29 November 2022, akan di laksanakan sidang majelis sinode tahunan (SMST) GMIM  yang akan di laksanakan di wilayah Tompaso 1 di wilayah pemerintahan Tompaso.
Panitia telah melakukan persiapan persiapan untuk mensukseskan kegiatan tersebut. Harapan agar masyarakat Tompaso boleh berpartisipasi mendukung kegiatan dan menjadi tuan rumah yang baik kepada tamu tamu yang akan datang di jemaat dan desa kita, harapannya dalam.momentum tersebut, Tompaso dapat di kenal sebagai masyarakat yang ramah. Tutup Camat Stenly.
Bantuan Pemkab berupa Bantuan keuangan kabupaten atau BKK pada penyetaraan siltap, dan Kedepan ada kucuran dana terkait kinerja yang berupa Dana Alokasi Kinerja.
(Farly Bujung)
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.