Sela-sela Kunjungan Menteri PUPR di Minahasa Danau Tondano Menjadi Prioritas Pemerintah Pusat

MINAHASA – Bupati Minahasa DR. Ir. Royke Octavian Roring, MSi menerima Kunjungan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI  DR. Ir. Mochamad Basuki Hadimuljono, M.Sc sekaligus meninjau Lokasi Revitalisasi Danau Tondano, Selasa, (29/9-2020)

Dalam kesempatan ini Bupati memaparkan secara langsung tentang keadaan Danau Tondano bersama balai sungai yang telah menyusun rencana aksi untuk Danau Tondano dengan total panjang jalan yang mengelilingi Danau Tondano 43 Kilometer.

Bupati mengusulkan 19 kilometer jalan pesisir danau yang masih merupakan jalan Provinsi dapat dijadikan jalan Nasional karena merupakan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) dan Kawasan Strategis Nasional (KSN) Danau Tondano, agar penanganan Danau Tondano dan sekitarnya bisa tertangani dengan baik.

“Kita berharap kedepan setelah adanya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang, Danau Tondano bisa menjadi tujuan pariwisata alternatif” ujar Bupati.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI dalam sambutannya menyampaikan bahwa, Danau Tondano merupakan salah satu Danau yang menjadi prioritas utama Pemerintah Pusat, mulai dari pembangunan tanggul, akan dikirim alat untuk mengangkat eceng gondok dan berbagai program prioritas lainnya untuk Revitalisasi Danau Tondano. Hal ini merupakan wujud kepedulian Pemerintah Pusat terhadap upaya dan perjuangan Pemerintah Kabupaten Minahasa dalam rangka Percepatan Penyelamatan Danau Tondano.

Usai itu, Menteri PUPR RI, Bupati Minahasa bersama Anggota Komisi V DPR-RI asal Sulawesi Utara Herson Manyulu, Staf Khusus Bidang Sumber Daya Air Kementerian PUPR Ir. Lucky Harry Korah, Kepala Balai Sungai Sulut meninjau langsung keadaan Danau Tondano yang pekerjaan revitalisasinya sementara dilakukan secara bersama, bertahap dan berkelanjutan oleh Pemerintah Pusat, Provinsi Sulawesi Utara dan Pemerintah Kabupaten Minahasa. (Marchel/Frayno)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.