Objek Wisata Air Terjun Tumpaan Perlu di Kembangkan

Sekretaris Desa Tumpaan Baru Lucky Lumenta

Sekretaris Desa Tumpaan Baru Lucky Lumenta

AMURANG,Suarasulutnews.co.id-Potensi air terjun yang berada di Desa Tumpaan Baru kecamatan Tumpaan,Kabupaten Minahasa Selatan,perlu dikembangkan sebagai objek wisata yang bisa mengangkat Minsel kedepan, serta dapat memberikan Pendapatan Asli Daerah(PAD).

Air Terjun dengan ketinggian 60 meter ini dengan bisa ditempu hingga 20 menit perjalanan,membuat sejumlah warga yang ada disekitar mengharapkan agar pemerintah desa maupun kecamatan dan kabupaten dapat meninjau objek wisata Air Terjun.

‘’Kami warga sangat mengharapkan agar objek wisata Air Terjun yang berada di desa kami dapat diperhatikan, nantinya itu juga bisa memasukan PAD di daerah ini,”kata Ody mamonto warga Tumpaan.

Air Terjun yang letaknya di perkebunan Toley desa Tumpaan,warga meyakini ini dapat membantu menumbukembangkan objek wisata didaerah Minsel.

‘’Nyatanya jika dijadikan objek wisata, Air Terjun tersebut dapat mengangkat semua objek wisata.Buktinya Air Terjun ini sudah banyak warga yang mengunjungi.Baik dalam daerah Misnel maupun luar daerah,”kata Mamonto.

Pemerintah Desa Tumpaan Baru,melalaui Sekertaris Desa Lucky Lumenta, saat di mintai tanggapan di sela-sela mengontrol pengerjaan pembuatan saluran air di desa melalui Anggaran Dana Desa (ADD) mengenai usulan warganya, bahwa air terjun yang terletak di kawasan Perkebunan toley untuk menjadikan objek pariwisata merespon sangat baik.

“Kami selaku pemerintah desa sangat mendukung usulan masyarakat Air Terjun yang berada di perkebunan Toley untuk di jadikan kawasan pariwisata,karena lokasi air terjun tersebut tidak kalah dengan lokasi air terjun lainnya. Namun, ini kami serahkan pada Pemkab Minsel,dalam hal ini Dinas Pariwisata agar dapat memperhatikan lokasi Air terjun tersebut, bukan tidak mungkin Pendapatan Asli Daerah (PAD) dapat bertambah jikalau kawasan tersebut Sudah di ketahui oleh masyarakat,”harap Lumenta.

Kadis Pariwisata Sonny Maleke saat di konfirmasi mengatakan,lokasi kawasan air tejun yang terletak di Desa Tumpaan Baru di Perkebunan Tolley,dirinya mengatakan dinas akan lebih dahulu mengunjungi objek wisata tersebut.

“Ya akan kami kunjungi lokasinya.Objek wisata yang ada berupa air terjun kita harus angkat dan perkenalkan kepada masyarakat, bahwa Minsel tidak kalah dengan daerah lain mengenai wisata,”kata Maleke.(jaan)

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.