2019 Sangihe DAK Tertinggi Dari 15 Kabupaten Kota di Sulut

Bupati Jabes Gaghana SE,ME

Bupati Jabes Gaghana SE,ME

Sangihe-Kabupaten Kepulauan Sangihe merupakan Kabupaten tertinggi mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2019 dari 15 Kabupaten/Kota yang di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Hal ini dikatakan Bupati Sangihe, Jabes Esar Gaghana SE ME kepada sejumlah wartawan. Dikatakannya, selain DAK sesuai komitmen Menteri Keuangan RI, Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Insentif Daerah (DID) juga mengalami peningkatan.

Dimana jelas Gaghana, peningkatan dana bagi daerah di yakini akan memacu percepatan akselerasi pembangunan di Kabupaten Sangihe.

“Kita bersyukur bahwa DAK Kabupaten Sangihe tahun depan tertinggi dari 15 Kabupaten se Sulut, dimana kita boleh mencapai angka Rp 178 miliar. Begitu juga DAU kita juga ada kenaikan karena di situ juga ada persiapan sesuai dengan komitmen Menteri Keuangan ada ketambahan DAU dan ketambahan DID yang cukup signifikan tahun depan,” ujar Bupati.

Dirinya menambahkan, untuk DAK mencapai Rp 178 miliar belum termasuk program yang di realisasikan oleh pemerintah pusat dan pemerintah Provinsi.

“Sehinggga dukungan dan senergitas Pemerintah Pusat ke Daerah dapat berkontribusi terhadap upaya pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah perbatasan Sangihe,” tandasnya.

Terkait meningkatnya DAK, Bupati juga memberikan apresiasi kepada tim Badan Penelitian dan Pembangunan (Bapelitbang) Pemkab Sangihe berama sejumlah OPD yang telah menyiapkan usulan DAK ke Pusat.

Ia juga berharap OPD lainnya dapat mengikuti jejak OPD yang telah mendapat DAK dan selalu berkoordinasi dengan Bapelitbang ketika hendak melayangkan

proposal ke Jakarta.

”Saya berharap OPD terus berkoodinasi dengan Bapelitbang ketika hendak mengusulkan proposal DAK,”tukas Bupati.(elleh)

 

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.