BPBD Sangihe Lakukan Pemasangan Rambu Evakuasi Tsunami

Kepala BPB Kabupaten Sangihe, Ir Reintje Tamboto

Kepala BPBD Kabupaten Sangihe, Ir Reintje Tamboto

Tahuna-Sedikitnya 170 buah rambu evakuasi penanggulangan bencana sedang dilakukan pemasangan di wilayah kota Tahuna dan Tahuna Timur (Tatim). Hal ini dibenarkan Kepala Badan Penanggulangn Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Ir. Rence Tamboto dikonfirmasi wartawan, Selasa (14/11) kemarin.

Dijelaskan, pemasangan 170 rambu bencana tsunami merupakan program kesiapsiagaan bencana yang diusulkan Pemkab Sangihe ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI yang telah melewati tahap verifikasi dan direalisasi tahun ini.

Lanjut dikatakan, saat ini tugas BNPB Sangihe untuk memfasilitasi pemasangn dibeberapa titik strtegis yang sudah disiapkan sekaligus untuk memastikan kegiatan pemasangan dapat berjalan lancar. Menurut Tamboto, untuk tahap awal ini masih terkonsentrasi pada pemasangan rambu bencana tsunami, karena kedepan BPBD Sangihe juga akan mengusulkan rambu bencana untuk banjir dan longsor serta gunung api.

”Diharapkan kegiatan ini menjadi perhatian kita bersama, karena kedepan bukan hanya rambu tsunami, tapi rambu bencana banjir dan longsor serta gunung api juga akan dipasang,”ujar Tamboto yang juga menambahkan, rambu evakuasi penanggulangan bencana tsunami terdiri dari rambu jalur evakuasi, lokasi tempat perkumpulan sementara serta lokasi tempat pengungsian.(eleh)

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.