Cuaca Ekstrim,Pemungutan Suara di Kepulauan Nustab Molor Sehari

). Ketua KPU Sangihe, Elsye Sinadia

). Ketua KPU Sangihe, Elsye Sinadia

Tahuna-Lantaran cuaca ekstrim angin kencang disertai hujan dan ombak, pendistribusian logistik Pilkada Sangihe 2017 ke Kecamatan Kepulauan Nusa Tabukan (Nustab) terhambat sehari.

Imbasnya, hari penceblosan yang sedianya dilakukan serentak tanggal 15 Februari, tertunda pada hari Kamis (16/02) kemarin. Ketua KPUD Sangihe, Elyse Sinadia SPd membenarkan dikonfirmasi wartawan.

”Memang tertunda sehari pelaksanaan pencoblosan di Nustab, dan itu karena faktor alam bukan disengaja,”ungkapnya.

Dijelaskan, penundaan hari pencoblosan di Nusa Tabukan telah putuskan lewat rapat pleno KPUD setelah mendengar saran pendapat pihak Pantiai Pemilihan Kecamatan (PPK). Ia menjamin pelaksanaan pemungutan suara di Nusa Tabukan bejalan aman dan lancar serta kondusif, seperti halnya pada pelaksanaan pencoblosan sehar sebelumnya di daratan maupun pulau-pulau lainnya di Sangihe.

”Penceblosan di Nusa Tabukan dilaksanakan pada jam yang sama dengan pencoblosan sehari sebelumnya dan dijamin berlangsung aman dan lancar karena turut diback-up pengamanan dari POLRI dan TNI,”ujar Sinadia.

Disentil menyangkut hasil keseluruhan penghitungan suara sementara  Pilkada Sangihe 2017, Sinadia belum bisa memberitahukan, dan justru meminta masyarakat tetap menunggu sampai hasil perhitungan resmi yang dilakukan KPUD. Ia juga memberikan apresiasi kepada masyarakat wajib pilih yang begitu antusias datang ke tempat pemungutan suara, sehingga target 80 persen partisipasi wajib pilih mampu dicapai.

”Selain berlangsung kondusif, antusias warga juga patut diapresiasi karena partisipasi pemilih mampu mencapai target 80 persen,”pungkasnya.(eleh)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.