Dagho Segera Menjadi Pusat Pembelian Ikan

TAHUNA,Suarasulutnews.co.id-Tidak hanya diseting menjadi kawasan perikanan terpadu dan terintegrasi, kampung Dagho Kecamatan Tamako juga segera menjadi pusat pembelian ikan.
Hal ini dikatakan Kadis Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Sangihe, Ir. Feliks Geghaube belum lama ini.
Dijelaskan, pihak yang memfasilitasi pembelian ikan tersebut juga tak tanggung-tanggung, langsung ditangani Perindo, yang notabene pihak yang selama ini menangani pemasaran perikanan nasional. Sebagai bentuk dari kesiapan, baru-baru ini kata Geghaube, pihak Perindo juga telah melakukan tatap muka dengan kalangan nelayan, baik nelayan di Tahuna maupun disejumlah kecamatan, diantaranya Kecamatan Manganitu dan Kecamatan Tamako.
”Perindo siap membeli berbagai jenis ikan, dan dalam waktu dekat ini kegiatannya sudah akan dimulai,”ungkap Geghaube.
Disentil harga pembelian Perindo, kata dia sangat memadai dan menguntungkan nelayan dibanding nelayan harus menjual ke tempat lain, termasuk menyeludupkan ke Philipina.
”Kalau dari sisi harga sudah memadai, untuk ikan tuna Rp 50 ribu per kilogram dan jenis pelagis malalugis Rp 10 rib per kilogram,”ujarnya sembari menambahkan, untuk memaksimalkan tempat transaksi jual beli ikan di Dagho, pemkab saat ini juga tengah melakukan penataan sarana penunjang, seperti kapasitas listrik serta ketersediaan bahan bakar minyak (BBM).(fb)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.