Gaghana Hadiri Tulude Warga Nusa Utara di Jayapura

Bupati Sangihe Jabes Gaghana Saat menghadiri upacara adat Tulude di Jayapura.

Jayapura – Masyarakat Nusa Utara yang tergabung dalam organisasi Mehengke Nusa Papua, Sabtu (16/2/2019) menggelar upacara adat Tulude yang dilaksanakan di auditorium Universitas Cenderawasih (Uncen). Upacara pelaksanaan adat Tulude didahului dengan megause Sake, sekaligus pemakaian paporong oleh pelaku adat kepada Bupati Kepulauan Sangihe Jabes E Gaghana SE ME dan Walikota Jayapura DR Benhur Tomi Mano. Selanjutnya dilakukan Memindura (penghormatan) serta pemotongan kue Tamo, dilanjutkan dengan Menahulending yang dipimpin oleh Ketua Umum Sinode GMIST Pdt Patras Madonsa, S, Teol.

Walikota Tomi Mano dalam sambutannya mengatakan, bahwa dengan kehadiran masyarakat Sanghihe Nusa Utara ditanah Papua sungguh dirasakan sangat membantu pemerintah Papua, karena bekerja disini, telah tinggal disini, tentunya tanah Papua juga merupakan bagian tanah warga Nusa utara yang sudah berdomisili di Papua. “Saya sangat bersyukur atas kehadiran warga Nusa  Utara ditanah Papua yang telah membantu pemerintahan kami, karena orang dari Nusa Utara pekerja keras, tentunya dengan hasil kerja keras mereka merasakan hasilnya, biarlah semua masyarakat Nusa Utara yang ada di tanah Papua menjadikan Surga yang jatuh ke bumi ini dapat dimanfaatkan dengan baik pula,” terang Tomi Mano

Sementara itu, Gaghana dalam sambutannya, mengapresiasi atas terselenggaranya acara adat Tulude ini dan menyampaikan terima kasih kepada pengurus dan anggota Kerukunan masyarakat Nusa Utara Mehengke Nusa yang tetap konsisten melestarikan adat budaya leluhur walaupun telah membangun kehidupan di tanah papua. “Ini juga tidak lepas dari perhatian dan dukungan Pemerintah Papua baik Propinsi, Kota dan Kabupaten Jayapura. Kehadiran Walikota Jayapura disaat ini adalah wujud betapa pemerintah setempat sangat peduli dan menghargai budaya kita bahkan memberi ruang dan jaminan bagi warga Sangihe, Talaud dan Sitaro dalam membangun kehidupan nyaman dan aman di tanah Papua. Saya juga mengingatkan kepada seluruh komunitas masyarakat Mehengke Nusa untuk mendukung Pemerintah di tanah Papua dalam berbagai program termasuk mensukseskan agenda nasional pemilihan umum Tahun 2019,” ucapnya.

Acara Pesta Adat Tulude di akhiri dengan masamper dan empat wayer bersama. Acara Tulude ini  ikut dihadiri Walikota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano, Ketua LNA kota Jayapura George,  Ketua DPD Mehengke Nusa Provinsi Papua Dr Jhon Manangsang bersama Ibu, Wakil Sekretaris gereja Papua. Turut hadir juga dalam upacara adat Tulude Ketua TP – PKK kabupaten Kepulauan Sangihe Dra Ririswati Gaghana Katamsi, Ketua DPRD Sangihe Benhur Takasihaeng SE bersama Ibu Dra Tineke Takasihaeng Lalelah, Asisten III Sekda Sangihe Dra Olga Makasidamo,  Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Sangihe Jefrry Tilaar, SE ME, bersama anggota DPRD Emita Petahiang, Kakan Satpol-PP Drs  R M Parera, Kabag TUP  Wandu Labesy S.Sos, Kabag Humas dan Protokol  Franky Nantingkaseh SPi, Ketua Umum Sinode GMIST Pdt Patras Madonsa S.Teol, Dewan Adat Sangihe Lukman Makapuas SPd, serta Martinus Makitulung SPd. (Andika)

 

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.