Gaghana Irup Upacara HUT Proklamasi RI ke 72

Bupati Jabes Gaghana SE,ME bertindak selaku Inspektur Upacara yang digelar di lapangan Gelora Santiago

Bupati Jabes Gaghana SE,ME bertindak selaku Inspektur Upacara yang digelar di lapangan Gelora Santiago

Tahuna-Peringatan HUT Proklamasi Republik Indonesia (RI) ke 72 di Kabupaten Kepulauan Sangihe dilaksanakan lewat pelaksanaan upacara bendera. Bupati Jabes Gaghana SE,ME bertindak selaku Inspektur Upacara yang digelar di lapangan Gelora Santiago, Kamis (17/08) .

Selain dilakukan prosesi rutin, seperti pengibaran Sang Saka Merah Putih oleh pasukan Paskibraka yang beranggotakan pelajar dan TNI/POLRI, upacara juga ditandai pembacaan naskah Proklamasi oleh Ketua DPRD Sangihe, Benhur Takasihaeng serta pembacaan doa oleh Kepala Kantor Kementerian Agama RI Kabupaten Sangihe, Sutarji Adipati.

Upacara juga terasa khusuk dan khidmat bercampur semarak ketika kelompok musik bambu mampu menghipnotis peserta upcara lewat lantunan tembang-tembang perjuangan ditambah dengan penampilan drama kolosal yang menceritakan perjuangan Raja Manganitu Santiago melawan pemerintahan kolonial Belanda yang harus rela mati digantung karena tidak mau berkompromi dengan kaum penjajah.

Peringatan HUT Proklamasi RI di kawasan yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Philipina tersebut, sebelumnya juga telah diawali sejumlah kegiatan, seperti pelaksanaan rapat paripurna istimewa DPRD bersama Bupati dan Wabub dalam rangkaian mendengar pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo (Jokowi) serta malam renungan yang dipusatkan di lokasi Taman Makam Pahlawan Malebur Tahuna.

Seluruh rangkaian prosesi upacara HUT Proklamasi RI ke 72 diakhiri dengan gelar foto bersama antara Bupati bersama Wakil Bupati, pimpinan DPRD, Sekda dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Bupati dengan pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Bupati  dengan Komisioner KPUD, Bupati dengan pimpinan Perbankan serta Bupati bersama Wabub dengan personil Paskibraka dan Prunapaskibraka Kabupaten Sangihe.(eleh)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.