Kemasan Menjadi PR,Perindag Sangihe Bakal Gelar Diklat Industri Rumah Tangga

Kadis Perindag, Ir. Feliks Gaghaube

Kadis Perindag, Ir. Feliks Gaghaube

Sangihe-Dinas Perindustrian Perdagangan (Perindag) Kabupaten Kepulauan Sangihe berencana melaksanakan pendidikan dan latihan (Diklat) industri rumah tangga. Hal ini dikatakan Kadis Perindag, Ir. Feliks Gaghaube kepada sejumlah wartawan, Rabu (2/09) kemarin. Menurut Gaghaube, diklat dilaksanakan dalam rangka pengembangan produksi kue berbahan baku lokal, seperti sagu yang selama ini telah dikenal dan memiliki minat beli namun masih terkendala pada kemasan untuk kelancaran pemasaran yang notabene sampai saat ini masih menjadi pekerjaan rumah (PR).

Dalam diklat nanti para pelaku industri rumah tangga juga akan diajar bagaimana mengemas kemasan yang tepat sasaran, baik untuk produk dipasaran lokal maupun produk yang akan diluncurkan pada super market di Manado.

”Perindag sudah melakukan modifikasi untuk menampilkan kemasan yang berskala yang bisa dijual hingga ke super market di Manado dan konsep ini yang akan dilakukan pelatihan kepada pelaku industri rumah tangga di Sangihe,”kata Gaghaube.

Ia juga memastikan untuk hal kemasan akan terus dikembangkan, seperti pada tahun 2019 nanti akan diperbaharui lagi kemasan yang lebih spesifik dan tak lagi mengandalkan kemasan yang telah dimodifikasi Perindag.

”Natinya juga akan ada pelatihan khusus untuk kedepan soal kemasan yang lebih berkualitas dan menarik,”ujarnya.

Demi peningkatan akselerasi perekonomian di daerah, Gaghaube juga memastikan Perindag akan terus mendorong usaha industri rumah tangga, termasuk agenda promosinya juga akan ditopang lewat barbagai terobosan, seperti melalui ajang pameran Festival Pesona Sangihe maupun pameran Sulut Ekspo.

”Mulai dari kemasan sampai pada produk yang siap dipasarkan akan terus kami dorong dan promosikan agar hasil industri rumah tangga asal Sangihe bisa diterima dipasar tradisional maupun pasar moderen,”pungkas Gaghaube.(elleh)

 

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.