Kunjungi Kementrian Kelautan Perikanan, Gaghana Bahas Pengembangan Perikanan di Sangihe.

Sangihe – Komitmen Pemerintah daerah (Pemda) dalam memajukan Kabupaten Kepulauan Sangihe kian terus dilakukan Bupati Jabes Gaghana SE ME dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat, salah satunya disektor perikanan. Dalam kunjungannya bupati didampingi Asisten Ekonomi Pembangunan B E Pilat ME, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sangihe Ir Ernist Unas SPi MSi bersama Ketua Tim  Penggerak PKK yang saat itu diterima oleh Direktur Pelabuhan Perikanan Ir Frits Lesinussa MSi.

Saat pertemuan tersebut, Bupati mengatakan bahwa Kabupaten Sangihe wilayahnya lebih luas laut dari pada daratan maka strategi pengembangan pembangunan lebih besar mengarah ke sektor Perikanan.

“Kehadiran kami menindak lanjuti hasil pertemuan Gubernur, Bupati dan Walikota se-Propinsi Sulut dengan Presiden Joko Widodo pada bulan Mei 2019 lalu. Untuk itu saya selaku pimpinan daerah di Kabupaten Sangihe melakukan lobi di beberapa Kementrian termasuk Kementrian Kelautan dan Perikanan RI guna percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Sangihe, serta pengembangan infrastruktur perikanan Dagho, cold storage, Tempat Pelelangan Ikan, pembangunan pelabuhan perikanan serta infrastruktur lainnya yang menunjang nelayan,” ujar Gaghana di kantor Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI di Jakarta, Senin (21/7/2019).

Sementara itu Asisten Ekonomi dan Pembangunan B E T Pilat menambahkan terkait dengan persoalan yang di hadapi nelayan di Kabupaten Sangihe pasca tangkap menurutnya sangat sulit  mendapatkan Es yang mempunyai daya tahan lama serta soal ketersediaan Cold storage untuk menampung ikan pasca tangkap. Kami sangat berharap melalui kebijakan Ibu Mentri KKP persoalan tersebut dapat teratasi.

Direktur Pelabuhan Perikanan menyambut baik kehadiran Bupati dan Asisten Ekonomi Pembangunan serta Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan. Ia berjanji akan menseriusi pengembangan Pelabuhan Perikanan Dagho bersama fasilitasnya.

“Sehingga ke depan pelabuhan Perikanan Dagho dapat di singgahi bukan hanya Kapal Ikan Lokal tapi juga di singgahi kapal ikan dari pulau Jawa atau diluar Pulau Jawa. Ia pun meminta kepada Pemerintah Daerah melaui Bupati dapat menyediakan lahan di Tahuna untuk pembangunan Pelabuhan Perikanan,” pungkas Lesinussa. (Andika)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.