Musrembang RPJMD,Targetkan Penurunan Angka Kemiskinan dan Pengangguran

Pemkab Sangihe,menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD

Pemkab Sangihe,menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD

Tahuna-Pemkab Sangihe, Selasa (03/10) kemarin menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Bupati Jabes Gaghana SE,ME berkenan membuka kegiatan yang dipusatkan di ruang Serbaguna Rumah Jabatan Bupati tersebut.

Terpantau dari pemaparan Bupati saat membawakan sambutan, penurunman angka kemiskinan dan angka pengangguran terbuka menjadi salah satu target yang dipatok pada Musrembang RPJMD kali ini.

Ditegaskan Bupati, berbagai intervensi pemerintah diantaranya melalui program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) telah dilakukan dalam menekan angka kemisikan, termasuk melalui program padat karya disektor pertanian, kelautan dan perikanan juga sedang giatnya dilakukan dalam mengantisipasi angka pengangguran terbuka.

”Dengan adanya RTLH sangat diharapkan mampu menurunkan tingkat kemisikinan, termasuk investasi program padat karya ditaregetkan mampu menekan angka pengangguran kedepan,”ungkap Bupati.

Dalam kesempatan itu Bupati juga turut mengingatkan masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) memahami visi Kabupaten Sangihe sebagai Daerah Perbatasan NKRI Gerbang Maritim Indonesia Yang Maju Sejahera dan Mandiri sekaligus dijadikan acuan dalam kerangka pembangunan lima tahun kedepan.

Yang menarik, khusus dalam implementasi visi misi daerah, Bupati terkesan cukup memberi tekanan kepada setiap SKPD agar mampu merealisasikan lewat program pembangunan dimasing-masing instansi, bahkan Bupati turut mendorong semangat SKPD untuk mampu memahami visi misi dengan menyampaikan sindiran masih ada pejabat yang tidak hafal visi misi daerah.

”Saya menstresing visi misi ini karena masih ada pejabat yang belum hafal, karena kalau belum hafal apalagi mengiplementasikannya,”tegas Bupati.

Musrembang turut dihadiri pihak Bapeda Sulut, Wakil Bupati Helmud Hontong SE,ME, Sekda Edwin Roring SE,ME, unsur unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah,.Pimpinan dan Anggota DPRD, jajaran Asisten Setda, pimpinan SKPD,Camat, instansi vertikal sert tokoh masyarakat.(eleh)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.