Panwaslu Sangihe Lakukan Pelantikkan Anggota Panwascam

Tahuna-Pasca dilakukan perekrutan yang dilanjutkan lewat proses administrasi, tes tertulis dan tes kesehatan serta fit and proper tes, puluhan anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Sangihe dilantik Selasa (14/11) kemarin.

Pelantikkan yang dipusatkan di Aula Radio Republik Indonesia (RRI) Tahuna, juga dilanjutkan dengan bimbingan teknik dengan menghadirkan nara sumber dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Sementara dalam agenda pelantikkan tersebut ternyata tidak dihadiri oleh sejumlah anggota Panwascam dari kalangan Aparat Sipil Negara (ASN) karena terkendala belum adanya rekomendasi ijin dari atasannya masing-masing.

”Memang ada beberapa Panwascam yang belum dilantik karena belum ada ijin dari atasan, termasuk Kecamatan Marore ada dua orang,”ungkap salah satu anggota Panwascam Marore, Michael Lawalata.

Terkait adanya beberapa Panwascam yang belum dilantik tak ditepis Ketua Panwaslu Sangihe, Toni Salindeho dikonfirmasi melalui salah satu Komisioner Junaedi Bawenti. Menurut Bawenti, soal ijin yang belum dikantongi oleh masing-masing Panwaslu dari ASN diserahkan kepada masing-masing anggota Panwascam sambil Panwaslu akan berkoordinasi dengna pemkab setempat. Namun ditegaskan, jika sampai batas waktu yang ditetapkan ijin atasan masih saja belum turun, mau tak mau anggota Panwasacam bersangkutan harus mengundurkan diri agar perekrutan Panwacam yang lain bisa dilakukan kembali.

”Saat ini kan waktu masih panjang, sehingga masih diberi kesempatan kepada Panwascam dari ASN untuk mendapat ijin atasan. Namun jika ijin atasan tidak turun, Panwascam bersangkutan harus mundur meski mereka telah lolos seleksi,”ujar Bawenti.(eleh)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.