Realisasi LTS,Pihak Ketiga Tak Berkoordinasi Dengan Instansi Teknis

Kadis Energi Sumber Daya Mineral Kabupaten Sangihe, Drs. Hendro Kawuka

Kadis Energi Sumber Daya Mineral Kabupaten Sangihe, Drs. Hendro Kawuka

Tahuna-Terkait realisasi program Listrik Tenaga Surya (LTS) oleh Pemerintah Pusat dan Propinsi Sulut di Kabupaten Kepulauan Sangihe, ternyata masih ada pihak ketiga yang tidak berkoordinasi dengan instansi teknis, seperti Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM). Hal ini dibenarkan Kadis ESDM Sangihe, Drs. Hendro Kawuka kepada sejumlah wartawan, Jumat (17/10) kemarin.

”Terus terang sampai saat ini masih ada pihak ketiga yang tak berkoodinasi dengan ESDM saat merealisasikan LTS,”ungkapnya.

Ia juga turut  menyayangkan sikap pihak ketiga yang terkesan sarat ego sektoral tersebut masih terjadi hingga saat ini, padahal instansi teknis di daerah paling bertanggung jawab agar program pusat maupun propinsi tidak tepat sasaran.

”Seperti untuk pemasangan listrik dari PLN selalu berkoodinasi dengan kami, tapi untuk pihak ketiga dari pusat maupun propinsi yang memasang LTS tidak sepengetahuan kami, dan kami berharap sikap seperti ini harus dipangkas,”tegas Kawuka.

Sementara terkait dengan pemasangan listrik berantai masih berlangsung di sejumlah wilayah di Sangihe. Menurut Kawuka, bantuan meteran listrik yang telah terpasang sebanyak 82 unit disamping 68 unit yang saat ini masih sedang dalam pemasangan.

”Bantuan listrik berantai ini merupakan bentuk perhatian terhadap masyarakat yang kurang mampu,”ujarnya yang juga menambahkan, saat ini juga ESDM sedang terkonsentrasi merealisasikan program energi sistim udara tegangan rendah dan sistim udara tegangan menengah di kampung Tariang Lama Kecamatan Kendahe dan kampung Lapango Kecamatan Manganitu Selatan.(eleh)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.