Mengenang 1000 Thn Pekabaran Injil Pemkot Tomohon Resmikan Monumen Wilken.

TOMOHON – Pemerintah Kota Tomohon meresmikan monumen Wilken yang merupakan sebuah sejarah yang mencatat ada seorang pandeta bernama Nicolaas Phillip Wilken, Wilken adalah seorang warga negara jerman yang datang di tanah tomohon untuk melakukan penyebaran agama kristen 1000 tahun lalu.

Maka dengan itu pemerintah Kota Tomohon memberikan penghargaan berupa pembangunan monumen Wilken dan acara peresmian ini di awali dengan ibadah yang di pimpin oleh Pdt DR Hein Arina selaku ketua BPMS dan di laksanakan hari ini Rabu, 29/01/2020 bertempat di kompleks Pasar Beriman Tomohon dan di rangkaikan dengan Launcing Nama Pasar dan Terminal menjadi Pasar Beriman Wilken.

Sebagai mana di ketahui bahwa Pandita Nicolaas Phillip Wilken merupakan seorang penginjil yang mengarsiteki pembangunan gereja dan sekolah-sekolah yang ada di Kota Tomohon serta membangun dua puluh jemaat saat berada di Tomohon.

Dalam sambutannya Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE AK menyampaikan peresmian ini di rangkaikan dengan Hut ke-17 Kota Tomohon. Lanjut walikota pendirian monumen ini adalah untuk mengenang sejarah pekabaran injil sekaligus unyuk meningkatkan pendidikan, kepariwisataan dan budaya di Kota Tomohon.

Dalam kegiatan ini juga di laksanakan persmian hasil-hasil pembangunan tahun 2019 dan penanda tanganan prasasti yakni ;

1. Pembangunan ruang kelas baru SD GMIM VIII Tomohon.

2. Pembangunan ruang perpustakaan SMP Kristen Tondangow

3. Pembangunan toilet SD GMIM 1Tomohon, SD Inpres Kayawu, SMP Negeri 4 Tomohon, SMP Kristen Rurukan, SMP Kristen Yatiba Tinoor.

4. Pembangunan gedung layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).

5. Pembangunan gedung Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

6.CPembangunan irigasi air tanah dangkal kelurahan Pinaras dan Kelurahan Woloan 1 utara.

Untuk itu pemerintah memberikan Apresiasi kepada panitia pembangunan dan segenap komponen terkait serta ucapan terimakasih kepada semua pihak khususnya para sejarahwan, budayawan dan tokoh-tokoh agama yang telah memberi sumbangsih tenaga dan pikiran.

Seiring dengan kegiatan ini bertepatan dengan HUT Kota Tomohon ke-17. Dan dalam rangkaian HUT ini Pemerintah mengambil tema ” Kompak dan Tangguh adalah kita, Bersama Kita Wujudkan Tomohon Kota Wisata Dunia ” Untuk itu Walikota mengajak kita semua untuk bekerja lebih kompak dalam mewujudkan visi seluruh warga masyarakat yakni ” Terwujudnya Masyarakat Kota Tomohon yang Religius, Berdaya Saing, Demokratis, Sejahtera, Berbudaya dan Berwawasan Lingkungan Menuju Kota Wisata Dunia “.

Nampak hadir juga dalam acara ini Sekretaris Umum BPMS Pdt Evert Tangel STH MPdk, Kepala Kemanterian Agama Kota Tomohon Pdt Simon Rawis STH MPdk, Sekretatis Daerah Kota Tomohon Ir Harold Lolowang MSc Mth, Ketua Panitia Hut Kota Tomohon Ke-17 Ir Enos Pontororing MSi, para budayawan, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan jajaran pemerintah Kota Tomohon serta para undangan lainya. (Novita Pangkey)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.