Wow!!! Kanonang Satu Dicanangkan Jadi Desa Tangguh Nusantara

Minahasa,- Desa Kanonang Satu Kecamatan Kawangkoan Barat Kabupaten Minahasa di Canangkan sebagai desa Tangguh Nusantara oleh gubernur Sulut, Olly Dondokambey,SE.

Adapun kegiatan acara pencanangan tersebut berlansung pada hari Kamis tanggal 9 juli 2020.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut; Wakil gubernur sulut Steven Kandou,

Kapolda Sulut, Irjen. Royke Lumowa, Pangdam X111/Merdeka, Mayjen Santos Gunawan Matondang, Ketua pengadilan tinggi Manado, Arif Supratman , komandan Lantamal VIII, Brigjen TNI Marinir, Domar Rompas, Mewakili Kajati Sulut, Asisten Intelejen, Stanley Bukara, Danrem 131 Santiago, Brigjen Prince Meyer Putong, Komandan Lanudsri , Kol. ( pnb) Abram Tumanduk, serta Bupati Minahasa Dr.Ir.Royke Octavian Roring, M.Si bersama forkompimda kabupaten minahasa.



Gagasan kampung tangguh nusantara ini adalah gagasan dari TNI dan Polri, dimana mengimplementasikan sinergitas dan solidaritas bersama rakyat di situasi pandemi covid 19.

Menuju persiapan kegiatan tersebut beberapa hari nampak kesibukan dari TNI dan polri. Kapolres minahasa AKBP. Denny Situmorang.SIK. bersama anak buah serta Hukum Tua Desa Kanonang Satu , Lucky Kasenda, SE dan masyarakat terpantau sibuk dalam mempersiapkan hajatan yang akbar tersebut.

Lucky Hukum tua ( kepala desa) desa tersebut sapaan akrabnya menjelaskan pada media ini bahwa, atas nama pemerintah desa Kanonang satu, serta segenap lapisan masyarakat kanonang raya, mengucapkan banyak terima kasih atas kepercayaan yang di berikan kepada desa kami,sebagai desa Tangguh Nusantara. Ini adalah keprcayaan yg besar bagi desa kami.

Dalam kegiatan tersebut, pemerintah provinsi memberikan bantuan bahab pokok dan Alat pelindung diri (APD) kepada warga dan pemerintah desa di Kanonang Raya.
Selanjutnya para rombongan menuju ke lahan pertanian dan melakukan penanaman komuditi pertanian.
Gubernur dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam segala situasi, amat terlebih di masa pandemi ini, masyarakat harus bijak dalam mengelolah lahan yang ada, untuk di jadikan lahan bercocok tanam yang dapat membantu kebutuhan sehari hari. Ketahanan pangan sangat perlu di setiap desa. Tandasnya.

Guburnur juga menghantyrkan ucapan terima kasih kepada Jajaran TNI dan POLRI yang sudah memberikan gagasan serta motifasi yang sangat brilian tersebut.

Bupati Minahasa Dr.Ir.Royke Octavian Roribg. M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa; Desa kanonang raya memiliki potensi yang besar di sertor pertanian, salah satunya adalah tanaman kacang tanah. Dan kanonang adalah pemasok terbesar ke beberapa daerah kacang tanah untuk di jadikan kacang sangrai ( Kacang tore) Sehingga desa kanonang yang ada di kecamatan kawangkoan sebagai julukan kota kacang adalah pemasok terbesar komuditi kacang tanah.

Kiranya kedepan desa Kanonang, bahkan desa desa yang ada di wilayah minahasa dapat menumbuh kembangkan potensi potensi di sektor pertanian. Dan semogah dapat sentuhan dari pemerintah untuk membantuh majunya bidang pertanian di minahasa. Tutur salah satu petani yang ada di tengah hajatan akbar tersebut. ( Farly Bujung)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.