Polres Minahasa Kedepankan Sinergitas Dalam Melayani Masyarakat

Minahasa – Dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke78, berbagai program kegiatan di lakukan oleh segenap kesatuan POLRI, baik tingkat Mabes, Polda, serta Polres termasuk Polres Minahasa. Kapolres Minahasa AKBP. S. Sophian.SIK.MH. dalam memeriahkan penyambutan hari Bhayangkara berbagai kegiatan dilakukan Salah satu bentuk kegiatan yang di adakan yakni “Jumat Curhat Polres Minahasa”

Adapun kegiatan tersebut dilakukan dalam bentuk safari kegiatan di setiap kecamatan yang masuk dalam wilayah kerjanya di kabupaten Minahasa, yang di ikuti dengan aksi Bansos dalam bentuk sembako kepada beberapa warga, Jumat  (14/06 – 2024).yang diadakan di Kecamatan Kawangkoan Barat, dengan dihadiri unsur Forkopimca Kecamatan Kawangkoan Barat, para hukum tua dan perangkat desa.

Kesempatan itu,  Kapolres menyampaikan bahwa Kamtibmas yang kondusif di awali dari dalam keluarga. Peran orang tua sangat penting dalam membina serta mendidik anak sejak usia dini hingga mereka beranjak dewasa. Karena dari keluargalah terbentuk karakter dan mental setiap anak, yang sudah pasti akan membawa dampak bagi masyarakat umum.

Dalam kegiatan itu juga, Kapolres menyampaikan masalah – masalah yang terjadi di tengah masyarakat, yang pada umumnya di dominasi pada kelompok usia muda. Baik masalah yang timbul akibat pengaruh mengkonsumsi miras, kenalpot Brong, serta masalah kesalahpahaman yang mengakibatkan terjadinya suatu tindakan kriminal.

Menurutnya, permasalahan tersebut, tidak dapat hanya di tangani oleh personal kepolisian. Perlunya ada sinergitas dalam tugas Polisi dan Pemerintah setiap wilayah tugas kepolisian, ujar Kapolres.

Lanjut Kapolres, langkah – langkah yang perlu di lakukan adalah Upaya preemtif :adalah upaya yang dilakukan pada tingkat proses pengambilan keputusan dan perencanaan, sedangkan upaya preventif adalah upaya yang dilakukan pada tingkat pelaksanaan melalui penataan baku atau pencegahan. Kedua upaya tersebut saling melengkapi dan tidak dapat dipisahkan satu sama lain.

Sudah tentu upaya tersebut harus ada kerjasama antara kepolisian dan Stakeholder yang ada, demi terciptanya suatu suasana yang kondusif di tengah masyarakat, kunci Kapolres Sophian.

Kesempatan yang sama ditambahkan Kapolsek Kawangkoan Iptu Sem.Marthin,SH mengatakan, bahwa sejauh ini dalam kepemimpinannya, langkah- langkah Preemtif dan Preventif terus di jalankan dalam bentuk patroli yang disebut patroli blue light pada malam hari, dan di siang hari senantiasa pemantauan di tengah aktifitas masyarakat, singkat Kapolsek.

Ada tiga peran Polri. Pertama, menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (law and order). Kedua, memerangi kejahatan (fighting crimes). Ketiga, melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat.

Polri dalam pada perjalanan usianya yang cukup tua yakni saat ini ,77 tahun dan memasuki 78 tahun pada tanggal 1 Juli, sudah tentu telah banyak kontribusi bagi bangsa dan negara dalam menjalankan fungsinya di tengah masyarakat yakni :menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (law and order). memerangi kejahatan (fighting crimes). serta melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat.

Usai kegiatan Jumat Curhat  Kapolres serta rombongan melayat ke rumah duka di Tompaso, atas meninggalnya ibu mertua salah satu anggota Polsek Tompaso , Aiptu Jemmy Turangan, atas meninggalnya Dra. Henny Tulungen.

(Farly Bujung )

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.