Warga Sangihe Tanggapi Dingin Kabar Sekda Definitif

TAHUNA,Suarasulutnews.co.id-Kabar tentang telah diterbitkannya SK Sekda Kabupaten Sangihe definitif atas nama Edward Roring langsung menyebar bak ditiup angin kencang. Kabar tersebut bahkan tak hanya menjadi pembicaraan hangat dikalangan PNS Pemkab Sangihe, tapi turut menyebar hingga kelapisan masyarakat.

Namun khusus dikalangan masyarakat kabar tersebut ditanggapi dingin, berbeda dengan kalangan PNS yang justru masih terus menjadikan topik pembicaraan

.”Kami cuma dengar so ada sekda defenitif dan kami sudah tidak kaget karena bukan hal baru sekda di kawasan perbatasan sering didroping dari propinsi,”ungkap beberapa warga Tahuna.

Sayangnya sejumlah PNS maupun beberapa pejabat enggan menanggapi kabar tersebut, padahal saat ini Pemkab Sangihe belum mengusulkan ke Gubernur siapa pejabat yang akan dipersiapkan untuk menjabat sekda definitif.

“Kalau soal sekda defintif kami tak bisa berkomentar lebih biarlah itu berjalan sesuai proses dan prosedur,”ungkap beberapa pejabat.

Sementara itu Plt. Sekda Sangihe, Josephus Kakondo BAE ketika dimintai tanggapannya, mengaku belum mengetahui soal itu, ia bahkan mengatakan belum juga diberi tahu oleh pimpinan daerah.

”Kalau soal berita sekda definitif saya belum diberi tahu, lagi pula itu juga kan domainnya pimpinan dan gubernur,”ungkap Kakondo.

Dimintai mendapat seandainya kabar soal SK Sekda itu benar ada dan yang akan menjabat bukan putra daerah, kata Kakondo hal itu bukan permasalahan, karena yang justru menjadi patokan adalah mekanismenya, seperti figur yang akan menjabatnya harus memenuhi syarat adiministrasi dan persyaratan lainnya yang ditentukan, bukan soal putra daerah atau bukan putra daerah.

”Mungkin saja bisa ada kompensasi lain jika ada orang propinsi yang masuk ke Sangihe, misalnya ada barter putra daerah yang bisa diberikan posisi dijajaran Pemprop Sulut. Jadi jika benar sekda definitif nanti bukan putra daerah, tentunya propinsi juga harus mengakomodir pejabat daerah yang akan pindah ke propinsi,”ujar Kakondo yang turut diaminkan Asisten II Benny Pilat SE saat ditemui sebelumnya.(fb)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.